Cara Cepat Menulis Esai

Cara Cepat Menulis Esai Terkadang, Anda harus bisa menulis esai yang bagus dalam waktu singkat untuk suatu ujian yang waktunya dibatasi seperti Ujian Akhir Nasional. Selain itu, Anda juga mungkin mendapati tenggat untuk sebuah tugas esai sudah sangat dekat dan Anda harus menulisnya secepat mungkin. Walaupun sebuah esai yang ditulis pada detik-detik terakhir tidak akan sama bagusnya dengan esai yang dikerjakan secara perlahan dan berhati-hati, Anda tetap dapat menulis sebuah esai yang cukup bagus dalam waktu singkat.

Buat sebuah perencanaan - Pikirkan berapa banyak waktu yang Anda punya untuk menulis suatu esai dan kembangkan sebuah rencana penulisan berdasarkan hal tersebut. Dengan demikian, Anda akan bisa menentukan seberapa banyak waktu yang ada untuk masing-masing bagian dalam menulis esai serta menjaga fokus dalam bekerja.

Pikirkan pertanyaan untuk esai - Anda dapat memperoleh topik sebuah esai apabila guru Anda memberikannya, tapi jika tidak, Anda harus memikirkan pertanyaannya terlebih dahulu serta mempertimbangkan berbagai argumen yang dapat diutarakan untuk topik tersebut. Tahap ini tidak hanya akan mengarahkan Anda ke jalan riset yang benar, tapi juga membantu mempercepat proses penulisannya.


Kembangkan argumen atau pernyataan tesis - Argumen atau pernyataan tesis adalah inti yang Anda buat di dalam esai melalui analisis dan bukti. Kembangkan argumen untuk membantu mengarahkan riset dan mempercepat proses penulisan.
  • Apabila Anda tidak memiliki banyak pengalaman dengan topik tersebut, Anda akan kesulitan untuk mengembangkan argumen. Tapi, Anda masih bisa menggunakan riset untuk mendukung atau menentang klaim yang ingin Anda buat.
  • Sebuah latihan yang bagus untuk membantu menentukan pertanyaan dan argumen esai adalah dengan menulis “Aku mempelajari (pilih suatu topik) karena aku ingin mengetahui (apa yang Anda ingin ketahui) guna menunjukkan bahwa (berikan argumen di sini).”
  • Sebagai contoh, “Aku mempelajari pengadilan penyihir abad pertengahan karena aku ingin mengetahui bagaimana pengacara menggunakan bukti-bukti dalam persidangan guna menunjukkan bahwa proses pengadilan tersebut memengaruhi teknik kedokteran dan praktek hukum modern.”
  • Pikirkan argumen-argumen penentang untuk memperkuat esai Anda.

Lakukan riset untuk topik esai Anda - Riset strategis diperlukan untuk mencari bukti-bukti yang akan membantu menyusun argumen dan membentuk tubuh esai. Ada banyak jenis sumber yang dapat digunakan untuk riset, seperti jurnal daring, arsip koran, hingga sumber-sumber di perpustakaan.
  • Karena waktu Anda untuk menulis sempit, fokuslah pada satu atau dua tempat saja untuk mengerjakan riset. Sebagai contoh, perpustakaan dan internet menyediakan berbagai macam pilihan sumber.
  • Pastikan Anda menggunakan sumber-sumber yang dapat dipercaya seperti artikel ilmiah yang diulas oleh para ahli, situs pemerintah dan universitas, serta jurnal dan majalah yang ditulis oleh para profesional. Jangan gunakan blog pribadi, sumber-sumber yang jelas biasnya, atau yang tidak memiliki identitas profesional.
  • Anda dapat menggunakan informasi yang telah Anda ketahui untuk mempercepat riset. Cukup cari sumber yang dapat dipercaya untuk mendukung informasi tersebut dan masukkan ke dalam daftar sumber Anda.
  • Dengan melakukan riset pendahuluan di internet, Anda akan menemukan sumber-sumber dari perpustakaan seperti buku-buku dan artikel-artikel ilmiah. Riset pendahuluan juga dapat mengarahkan Anda ke sumber-sumber internet lainnya seperti arsip artikel koran atau penelitian lainnya mengenai topik Anda.
  • Apabila Anda membaca buku, ambil intisarinya untuk memahaminya dengan cepat, lalu berpindahlah ke sumber lain. Untuk mengambil intisari suatu buku, ringkas bagian pendahuluan dan kesimpulan untuk memperoleh argumen utama, lalu ambillah beberapa perincian dari tubuh buku untuk digunakan sebagai bukti.
  • Catat sumber-sumber riset. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda telah benar-benar meriset topik tersebut sekaligus mencantumkan nama orang-orang yang mendukung gagasan Anda. Hal ini terutama akan sangat penting apabila Anda berencana untuk menggunakan kutipan langsung dan juga akan membantu Anda untuk menambahkan catatan-catatan kaki serta pustaka pada esai tanpa harus mencarinya satu per satu di dalam sumber.
Tulis kerangka esai - Susun sebuah kerangka untuk mengarahkan Anda dalam proses menulis. Dengan menulis pada kerangka dan menambahkan bukti-bukti padanya, Anda akan menyederhanakan dan mempercepat proses penulisan. Anda juga akan bisa mengidentifikasi bagian-bagian yang butuh pengembangan lebih lanjut.
  • Susun struktur kerangka sebagaimana Anda ingin menyusun struktur esai, yakni dengan sebuah pendahuluan, tubuh, dan kesimpulan.
  • Semakin banyak detail yang Anda masukkan ke dalam kerangka, semakin mudah dan cepat Anda dapat menulis esai. Sebagai contoh, alih-alih sekadar menulis paragraf dasar untuk bagian tubuh, tajamkan ke kalimat-kalimat penting yang memberikan argumen dan bukti-bukti pendukung.
Sekian mengenai Cara Cepat Menulis Esai semoga bermanfaat untuk anda

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon