Cara Membersihkan Telinga Kucing

Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Aman dan Benar. Kebanyakan kucing bisa menjaga kebersihan tubuhnya sendiri, dan mereka sangat teliti melakukannya. Bahkan mereka juga membersihkan bagian belakang dan bagian dalam telinga. Namun, kucing sesekali butuh bantuan untuk membersihkan telinganya. Akan lebih baik jika Anda mengecek telinga #Kucing Anda terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada hal yang membahayakan di dalamnya yang bisa berakibat fatal.

Pastikan kucing Anda dalam keadaan santai - Beberapa kucing tidak suka telinganya dibersihkan dan mereka akan melawan. Bawa kucing Anda ke ruangan sepi di mana tak ada peliharaan lainnya. Anda mungkin perlu dibantu untuk memegangi kucing ketika membersihkan telinganya.
  • Beri tahu teman yang membantu Anda untuk memegangi kucing dengan lembut. Cengkeraman yang terlalu kuat akan menyebabkan kucing beringas dan mencakar untuk membebaskan diri.
  • Jika kucing Anda menolak bekerja sama, Anda bisa mencoba membungkus tubuh kucing (termasuk kaki-kakinya) dengan handuk tebal.
  • Jika kucing Anda merasa tidak nyaman saat telinganya dibersihkan, berhentilah. Jangan sampai kucing Anda mencakar atau menggigit.
Beli pembersih telinga cair - Pembersih telinga yang baik hanya mengandung sedikit zat kimia dan cepat kering. Anda bisa membelinya di dokter hewan atau toko hewan peliharaan bereputasi.
  • Anda juga bisa membuat pembersih telinga sendiri jika sedang tidak punya uang. Caranya dengan mencampurkan ½ cuka putih dan ½ alkohol pembersih. Gunakan cairan pembersih ini sedikit demi sedikit karena jika kucing Anda terluka atau infeksi, pembersih ini justru membuatnya perih.
  • Air tidak seharusnya digunakan sebagai pembersih telinga karena bisa mengendap dan menyebabkan tumbuhnya jamur.
  • Alternatif lain untuk membersihkan telinga kucing adalah dengan menggunakan kapas yang dibasahi hidrogen peroksida dan minyak zaitun.


Simpan pembersih telinga di suhu ruangan sebelum digunakan - Menyimpan pembersih telinga di suhu ruangan akan membuat kucing Anda merasa lebih nyaman ketika telinganya dibersihkan. Seperti kebanyakan orang yang tidak suka jika ada cairan dingin mengalir ke telinganya, kucing pun merasa seperti itu!


Teteskan beberapa tetes obat pencuci telinga ke dalam telinga kucing - Gunakan dosis yang tepat sebagaimana yang direkomendasikan pada label instruksinya. Lakukan pada telinga kucing Anda satu per satu. Pijat pangkal telinga selama 20 sampai 45 detik agar pembersihnya bekerja.
  • Gunakan tekanan yang kuat namun lembut ketika mengusap pangkal telinganya. Jangan mengusap terlalu berlebihan karena bisa merusak gendang telinga. Aturannya sederhana, Anda hanya membuang pengendapan kotoran dan tahi kuping, bukan mengusap-ngusapnya.
  • Berikan dosis penuh sesuai saran dokter hewan Anda atau instruksi yang ada di kemasan pembersih telinga tersebut. Jika tidak begitu, telinga kucing Anda akan sulit sembuh.
Tinggalkan kucing Anda selama satu atau dua menit - Biarkan ia menggoyang-goyangkan kepala untuk mengeluarkan sisa-sisa kotoran telinganya.

Lembapkan kapas atau kain kasa dan korek telinga kucing Anda dengan lembut - Pastikan untuk tidak mendorongnya terlalu dalam ke bagian horizontal di dalam lubang telinganya; hal ini bisa menyebabkan kotoran menumpuk, bukan menghilangkannya.
  • Jangan gunakan korek kuping kecuali jika diperintahkan oleh dokter hewan Anda.
  • Jangan bersihkan telinga kucing terlalu dalam. Hal ini bisa merusak lapisan tipis yang ada di lubang telinga, dan bahkan membuat gendang telinganya pecah. Jika gendang telinga kucing Anda pecah, ia akan menunjukkan rasa sakitnya dengan cara mengais-ngais telinganya, mengeong, dan lain-lain. Selain itu, ia pun akan kehilangan keseimbangan ketika duduk sambil memiringkan kepala. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, bawa kucing Anda segera ke doker hewan untuk diperiksa.
Sudahi proses pembersihan telinga dengan pujian, pelukan, dan hadiah - Langkah ini bisa menenangkan kucing sehingga kelak ia mau diajak bekerja sama ketika melihat Anda membawa obat tetes telinga.
Sejumlah penyakit dan kondisi bisa membawa wabah ke telinga kucing. Wabah tersebut termasuk tungau, kutu, infeksi bakteri, infeksi jamur, benda asing (seperti duri tumbuhan), dan tumor (meskipun sangat jarang terjadi). Masalah telinga kucing yang paling sering ditemukan adalah otitis externa, infeksi bagian luar telinga di depan gendang telinga. Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan telinga kucing Anda, berkonsultasilah dengan dokter hewan Anda
Sekian mengenai Cara Membersihkan Telinga Kucing semoga bermanfaat untuk anda
source:http://id.wikihow.com/Membersihkan-Telinga-Kucing

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon