Cara Menyusun Rencana Liburan

Liburan seharusnya merupakan kesempatan untuk bersenang-senang dan merilekskan diri Anda dengan beristirahat dari berbagai kegiatan sehari-hari. Akan tetapi sebuah liburan yang tidak direncanakan dengan baik justru bisa membuat Anda sakit kepala. Persiapkan jauh-jauh hari rencana perjalanan, penginapan, dan kegiatan selama berlibur agar Anda bisa menikmati waktu #Liburan Anda dengan baik. Liburan Anda akan terasa menyenangkan dan penuh kegembiraan jika Anda bisa mempersiapkannya sedini mungkin dan bebas hambatan.

1. Buatlah daftar tempat yang ingin kamu kunjungi.
2. Tentukan alasan mengapa anda ingin melakukan perjalanan.
3. Diskusikan beberapa kemungkinan tempat tujuan dengan teman-teman seperjalanan Anda.
4. Pertimbangkan kondisi dari setiap orang yang akan bepergian bersama Anda.
5. Carilah informasi biaya perjalanan.
6. Memilih tempat tujuan.


Buatlah daftar tempat yang ingin kamu kunjungi - Jika ada orang lain yang akan pergi bersama Anda, mintalah mereka melakukan juga hal yang sama.


Tentukan alasan mengapa anda ingin melakukan perjalanan - Menentukan tujuan akan lebih mudah jika Anda tahu mengapa Anda ingin meninggalkan rumah. Jika Anda sudah bisa menentukan apakah tujuan Anda bepergian adalah untuk bersantai dan beristirahat, menikmati petualangan baru, mengunjungi tempat-tempat yang terkenal atau situs purbakala, atau memberikan anak-anak Anda kenangan yang tak terlupakan seumur hidup mereka, Anda bisa lebih mudah memutuskan tempat seperti apa yang ingin Anda kunjungi.


Diskusikan beberapa kemungkinan tempat tujuan dengan teman-teman seperjalanan Anda - Anggap saja ini sebagai kegiatan yang menyenangkan, jangan menjadikan hal ini sebagai sebuah tugas rumah yang harus diselesaikan. Selama beberapa hari atau bahkan beberapa minggu, sediakan waktu untuk membicarakan setiap tempat dan mengapa tempat ini bisa menjadi tujuan yang tepat untuk dikunjungi.

Pertimbangkan kondisi dari setiap orang yang akan bepergian bersama Anda - Jika Anda akan bepergian bersama anak-anak yang masih kecil, seseorang yang sudah lanjut usia, atau memiliki keterbatasan fisik, Anda harus mempertimbangkan tempat tujuan yang sesuai untuk mereka.


Carilah informasi biaya perjalanan - Setelah Anda memutuskan tempat tujuan, akan dibutuhkan cukup banyak waktu untuk menentukan cara melakukan perjalanan dan mempersiapkan hotelnya, oleh sebab itu Anda bisa melakukan pencarian cepat secara daring untuk mendapatkan perkiraan biaya perjalanan ke masing-masing tujuan sehingga akan mempersempit pilihan Anda berdasarkan anggaran yang sudah Anda tentukan.
  • Perhitungkan biaya-biaya perjalanan, menginap, makan, dan bersenang-senang pada saat Anda membuat estimasi.

Memilih tempat tujuan - Idealnya, setiap orang yang akan bepergian bersama sudah menyepakati tempat tujuan yang sama. Jika masih ada perbedaan pendapat, cobalah mencari kesepakatan.
  • Tentukan pilihan tempat berlibur secara bergiliran. Jika tempat berlibur untuk tahun ini ditentukan sesuai pilihan Anda, berikan kesempatan kepada teman seperjalanan Anda untuk menentukan tujuan berlibur berikutnya.
  • Temukan kesepakatan yang menyenangkan. Jika pilihan utama tempat tujuan masing-masing orang sangat jauh berbeda, berusahalah mencari tempat tujuan yang bisa diterima oleh setiap orang, sekalipun ini bukan pilihan utama mereka.
  • Tentukan tempat tujuan menggunakan topi. Jika tidak bisa dicapai kesamaan pandangan, biarkan nasib yang memilihnya untuk Anda. Tulislah semua tujuan yang diinginkan lalu masukkan ke dalam botol atau topi. Mintalah seseorang (sebaiknya pihak ketiga yang tidak memihak) mengambilnya. Inilah tempat yang akan Anda kunjungi!
Sekian mengenai Cara Menyusun Rencana Liburan semoga bermanfaat

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon