Cara Menumbuhkan Minat Membaca

Cara Menumbuhkan Minat Membaca, Tips Menumbuhkan Minat Baca, Cara Meningkatkan Minat Baca, Cara Agar Suka  Membaca Buku, Cara Senang Membaca Buku, Membaca Buku Dewasa ini, banyak orang Membaca bukan untuk kesenangan. Banyak alasan yang mendasari hal ini. Sebagian orang percaya bahwa kegiatan Membaca butuh waktu dan upaya ekstra. Sebagian orang tidak pernah menyukai Membaca sejak di bangku sekolah dan tidak pernah membayangkan melakukannya untuk kesenangan. Sebagian yang lain tidak pernah berada dalam situasi yang membuat mereka menumbuhkan kegemaran Membaca. Namun, Membaca dapat meningkatkan pengalaman hidup Anda. Apa pun tujuan Anda Membaca, entah Anda sering melakukannya atau melakukannya sekadar untuk keperluan sekolah atau tugas kerja, ada berbagai cara untuk membuat kegiatan Membaca lebih menyenangkan. George R. R. Martin, penulis Buku serial Game of Thrones, pernah menulis, “Seorang pembaca menjalani hidup ribuan kali sebelum ia mati… Orang yang tidak pernah Membaca hidup hanya sekali”. Menurut survei dunia, Indonesia merupakan negara dengan jumlah peminat Membaca Buku yang sangat kecil, yakni satu Buku pertahun, berbeda dengan negara Jepang dan Inggris yang rata-rata mereka Membaca sebanyak 10-12 Buku pertahunnya. Berikut Cara Menumbuhkan Minat Membaca semoga bermanfaat untuk anda.

Pikirkan mengapa Anda ingin Membaca - Orang Membaca karena berbagai alasan. Sebelum mengambil Buku, pikirkan apa yang ingin Anda dapatkan dengan Membacanya. Sebagian orang suka Membaca Buku yang mengajarkan keterampilan baru, mulai dari bahasa pemrograman komputer sampai keterampilan berburu atau berkemah. Sebagian yang lain menyukai cerita, entah fiksi atau biografi, yang membawa mereka ke masa, dunia, atau situasi lain. Pertama-tama, pikirkan apa yang ingin Anda dapatkan dari kegiatan Membaca.
  • Anda mungkin akan belajar menyukai Membaca jika kegiatan itu dapat menghubungkan Anda dengan sesuatu yang memiliki arti bagi Anda. Jika kegiatan Membaca hanya sekadar tugas, atau sesuatu yang “dipaksakan” untuk Anda sukai, mungkin Membaca tidak akan memberi dampak yang berarti.


Putuskan apa yang ingin Anda baca - Setelah mengetahui tujuan Anda Membaca, entah untuk belajar, mencari hiburan, atau sesuatu yang sama sekali berbeda, Anda dapat mempersempit jenis Buku berdasarkan jawaban tersebut. Contohnya, jika Anda menginginkan cerita yang menghibur saja, akan sulit untuk mempersempit pilihan antara puisi, sastra, fiksi populer, memoar, dan jenis tulisan lain karena semuanya dapat memberikan cerita yang menghibur.

  • Cobalah melakukan pencarian di internet untuk mencari Buku populer dalam area yang telah Anda pilih. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan daftar pilihan dan bisa mulai dari sana.
  • Berkonsultasilah dengan pustakawan setempat. Pustakawan biasanya senang memberikan rekomendasi Buku untuk dibaca. Setelah mengetahui apa yang Anda “cari” dari bacaan Anda, mintalah masukan dari pustakawan tentang Buku yang cocok dengan kebutuhan Anda.
  • Bicaralah dengan pramuniaga di toko Buku setempat. Kebanyakan orang yang bekerja di toko Buku menyukai Membaca dan menggemari Buku. Mereka bisa menjadi sumber informasi yang hebat. Mengobrol dengan orang yang sangat gemar Membaca mungkin dapat menyalakan minat Anda sendiri!
Cara Menumbuhkan Minat Membaca

Pertimbangkan genre apa yang akan menjadi kesukaan Anda - Setelah menentukan jenis tulisan yang Anda minati, Anda dapat mempersempit pilihan bacaan lebih jauh lagi dengan mempertimbangkan genre yang diinginkan. Contohnya, Jika Anda memutuskan ingin Membaca tentang fiksi populer, Anda dapat memilih antara horor, fiksi ilmiah, sejarah, fantasi, roman, misteri, atau Buku yang lebih realis dengan pendekatan terhadap karakter dan latar belakang yang lebih nyata.
  • Contoh lain, jika Anda memutuskan ingin Membaca Buku sejarah nonfiksi, pertimbangkan periode waktu dan subjek yang paling menarik minat Anda. Buku tentang Hari-H di Normandia selama Perang Dunia II jelas akan memberikan pengalaman Membaca berbeda dibanding Buku tentang intrik politik para senator Romawi di masa pemerintahan Julius Caesar.
Bacalah beberapa Buku dari genre tersebut untuk mencari penulis yang cocok dengan selera Anda - Bahkan dalam genre yang sama, gaya penulis tertentu mungkin tidak sesuai untuk Anda karena caranya mengekspresikan ide. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor seperti waktu penulisan Buku, gaya bercerita, sudut pandang, atau sejumlah alasan lainnya. Jika Anda telah menetapkan genre yang menarik minat Anda, tetapi Anda tidak menyukai Buku dalam genre tersebut, cobalah untuk menyelidiki alasannya.
  • Contohnya, jika Anda memutuskan untuk Membaca novel sejarah, novel lama seperti Bumi Manusia atau Para Priyayi akan lebih sulit dibaca dibanding novel karya Ayu Utami atau Laksmi Pamuntjak.
Buatlah koneksi antara Membaca dengan minat lainnya - Anda mungkin sangat tertarik dengan isu-isu sosial atau lainnya. Carilah Buku yang berhubungan dengan isu yang diangkat dari sesuatu yang menarik minat Anda atau yang membawa isu tersebut dalam konteks yang lebih luas.
  • Ingatlah bahwa Anda tidak sekadar dapat Membaca Buku saja. Anda juga bisa mencari majalah cetak atau daring, blog, dan tempat lain untuk mencari bahan bacaan.
Tutuplah Buku yang tidak Anda sukai - Kadang orang merasa wajib Membaca Buku hingga halaman terakhir meskipun mereka tidak menyukainya. Jika Anda harus bersusah payah menyelesaikan novel 300 halaman yang tidak Anda sukai, hal itu justru akan membangkitkan penolakan terhadap Membaca alih-alih menumbuhkan kecintaan pada kegiatan tersebut. Banyak Buku bagian awalnya terasa lambat karena harus mengembangkan latar belakang dan tokoh/karakter yang terlibat dalam cerita, tetapi jika Buku itu tidak membuat Anda kecanduan dalam 50-75 halaman, tidak ada salahnya menutup Buku itu dan mengambil Buku yang lain.

Ingatlah bahwa Membaca bersifat sangat pribadi. Membaca bukan kompetisi - Membaca merupakan kegiatan yang sangat pribadi dan sangat subjektif. Tidak perlu merasa bersalah jika Anda tidak menyukai novel pemenang penghargaan yang ramai dibicarakan semua orang. Anda juga tidak perlu malu jika jatuh cinta pada Buku lain yang mungkin dianggap “kacangan”, seperti komik atau novel roman. Bacalah apa yang Anda sukai, dan jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Sekian mengenai Cara Menumbuhkan Minat Membaca semoga bermanfaat untuk anda

sumber: http://id.wikihow.com/Menyukai-Membaca

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon