Manfaat yang Dibawa oleh Media Sosial

Manfaat yang Dibawa oleh Media Sosial - Dalam buku Grown Up Digital, Don Tapscott mengatakan bahwa generasi masa kini menggunakan teknologi dalam cara-cara yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Alih-alih secara pasif menonton televisi, para 'Net Geners' secara aktif berpartisipasi dalam distribusi hiburan dan informasi. Perkembangan media, tetapi menjadi pembuat dan penyebar konten media itu sendiri.

Menurut Tapscott, perkembangan ini akan mengubah aspek masyarakat kita dari tempat kerja ke pasar, dari kelas ke ruang keluarga, dari bilik suara ke istana negara. Media Sosial akan membuat cara-cara lama menjadi usang dan ketinggalan. Abad Digital telah tiba. Generasi Net telah tiba. Sambutlah masa depan.

Untuk Apa Belajar tentang Media Sosial?

Pada prinsipnya, Media Sosial mendorong traffic yang tinggi dari para pengguna internet. Jika anda memiliki situs, ada beberapa sebab mengapa media sosial perlu mendapat perhatian anda.
  • Semakin banyak media arus utama (mainstream) yang berpaling ke media sosial agar dapat terhubung dengan para konsumennya.
  • Media mainstream menggunakan situs-situs seperti Digg, del.icio.us, dan Netscape untuk mencari konten dan gagasan untuk artikel/berita mereka sendiri.
  • Search engine (mesin pencari) memperhatikan posting yang mendapat tanggapan bagus di situs-situs media sosial. Posting itu akan seketika mendapat peringkat yang bagus di search engines. Hal ini juga memengaruhi peringkat situs anda secara keseluruhan.
  • Ekspos situs kepada pembaca/pengunjung baru akan semakin besar.
  • Jika situs anda mendapat sorotan di media sosial, misalnya tampil di halaman pertama Digg, orang akan menghargai situs anda.


Menetapkan Tujuan Anda


Sebelum memulai menggunakan Media Sosial untuk kepentingan bisnis, tetapkan dahulu tujuan-tujuan apa yang ingin anda raih.
  • Apa yang ingin anda capai dengan Media Sosial?
  • Nyatakan tujuan anda berdasarkan kriteria "SMART" - Specific (khusus), Measurable (terukur), Attainable (dapat diraih), Realistic (realistis), dan Time-based (berbasis waktu).
  • Gambarkan bagaimana tujuan Media Sosial anda mendukung atau berkaitan dengan tujuan rencana komunikasi organisasi anda.
Tetapkan tujuan anda berdasarkan pemahaman yang jelas tentang bagaimana Media Sosial mengubah lingkaran umpan-balik antar organisasi anda dan semua pihak yang berkepentingan. Perbedaan yang utama dalam menetapkan tujuan Media Sosial adalah bahwa ia bukanlah soal menjangkau audiens massal dan membunyikan pesan anda, tetapi lebih tentang menjangkau pihak-pihak yang memberi pengaruh, membangun hubungan, berdiskusi, mendapatkan wawasan.



Ini beberapa contoh tujuan menggunakan Media Sosial;
  1. Meningkatkan basis pelanggan.
  2. Memunculkan kepemimpinan bisnis.
  3. Mendorong penjualan.
  4. Membangun kesadaran akan organisasi anda.
  5. Menghasilkan uang dari konten anda.
  6. Menjadi yang paling terdepan dalam informasi.
  7. Mendidik pelanggan.
  8. Mendapatkan masukan soal pengembangan produk dari pelanggan.
  9. Menjangkau saluran-saluran pelanggan baru.
  10. Memperbaiki komunitas internal
Sekarang mari kita lihat contoh tujuan-tujuan yang dijabarkan:
  • Mendengarkan dan belajar: Anda memantau apa yang dikatakan orang tentang organisasi anda, isu, atau program anda, dan menggunakan informasi tersebut untuk mendukung tujuan pemasaran anda. Anda menguji taktik Media Sosial yang berbeda-beda dan mempelajari mana yang bagus.
  • Membangun hubungan dan kesadaran isu: Anda berinteraksi dengan para audiens kunci di saluran Media Sosial untuk membangun kesadaran terhadap Brand (merek) organisasi anda. Anda menyebar keberadaan brand anda di berbagai wilayah dan mencoba menanamkan brand anda dalam pemikiran orang lain melalui interaksi pada berbagai level.
  • Memperbaiki reputasi: Anda ingin memperbaiki bagaimana orang lain berpikir tentang organisasi atau isu anda dan merespons secara langsung terhadap umpan-balik melalui saluran-saluran Media Sosial. Anda mungkin juga ingin memperbaiki reputasi organisasi anda sebagai seorang hali dengan secara konsisten terlibat dalam diskusi atau mengumpulkan informasi yang relavan dengan organisasi anda.
  • Pembuatan konten dan kesadaran isu: Anda mendorong orang untuk menciptakan konten tentang organisasi anda  atau isu-isu lainnya dan membaginya dengan orang lain serta mendorong para penggemar untuk membicarakan isu-isu anda dengan orang lain (dari mulut ke mulut).
  • Meningkatkan traffic pengunjung yang relevan dan pemeringkatan laman: Anda menggunakan taktik-taktik Media Sosial untuk mendorong traffic ke situs web organisasi anda atau pendaftaran newsletter atau meningkatkan hasil mesin pencari atau menggunakan saluran-saluran Media Sosial untuk menyebabkan situs web atau konten blog anda.
  • Mengambil tindakan atau penggalangan dana: Anda menggunakan taktik-taktik media sosial agar para pendukung bertindak atau menyumbangkan uang.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan sebelum terjun ke Media Sosial. Sebelum melangkah jauh di salah satu jalan, anda harus bertanya:
  • Apakah para pelanggan anda cendrung online?
  • Apakah anda siap untuk menangani kecaman? Platform-platform seperti blog dan video memungkinkan komentar negatif, dan beberapa budaya perusahaan tidak siap untuk terlibat dengan opini-opini tersebut.
  • Bagaimana anda akan memasukkan rencana ini ke dalam pekerjaan organisasi anda sehari-hari?
  • Bagaimana anda akan mengukur hasilnya?
  • Berapa lama anda bersedia untuk mencoba?
  • Apakah anda bersedia untuk menguji-coba, mengambil risiko, dan menyesuaikan rencana-rencana anda?
Ada satu hal penting yang patut anda catat dalam menggunakan Media Sosial. Pertama-tama anda harus mengetahui perbedaan antara Media Sosial dan teknik yang lain, katakanlah direct mail. Dengan direct mail, hasilnya cendrung menciptakan aksi, dengan sebagaian besar media sosial, tujuannya adalah menciptakan hubungan. Keduanya memiliki tempat yang sama-sama penting dalam kelangsungan jangka panjang sebuah bisnis, tetapi cara kerjanya sangatlah beda.

Baca Juga: 50 Cara Menggunakan Media Sosial unuk Marketing

Anda dapat memperhitungkan hasil dari upaya Media Sosial anda. Beberapa hasil yang umum dari upaya-upaya pemasaran Media Sosial meliputi:
  • Mendapatkan wawasan dari komunitas dengan minat tertentu: Anda bisa menjalankan semua survei konsumen yang anda mau, tetapi sebagian riset pasar yang paling menarik dan progresif dapat ditemukan dalam komunitas-komunitas sosial di mana para pelangan anda berinteraksi, berbagi informasi, membuat berbagai rekomendasi, memanfaatkan aliran dialog ini adalah awal yang sangat baik untuk keterlibatan dan partisipasi sosial dengan brand anda.
  • Membangun visibilitas dan wibawa brand: Di dunia maya percakapan tentang brand anda terjadi, dengan atau tanpa anda. Anda juga bisa ikut serta dan melakukah hal yang sama dengan cara memberikan perhatian yang akrab terhadap minat dan kebutuhan para pelanggan anda-memberikan mereka informasi dan interaksi yang saling mendukung brand anda lebih jauh.
  • Pengaruh dan promosi produk/jasa: Memberikan informasi untuk mendidik para pelanggan tentang produk anda dalam format dan tipe media yang mereka sukai dapat memberikan banyak hasil.
  • Membangun link untuk traffic dan SEO (search engine optimation): Menciptakan linkbait dan mempromosikannya ke berita mMedia Sosial dan situs-situs book marking dapat menarik link yang banyak dari para blogger yang membacanya. Namun, mempertahankan tingkat promosi yang tinggi ke situs yang sama atau dengan akun pengguna yang sama akan dengan cepat dianggap sesuai aturan formal dan yang tak tertulis.
  • Mengarahkan traffic untuk model mendapatkan iklan: Untuk menjadi pengguna yang kuat dari beberapa komunitas sosial, anda perlu secara konsisten menyumbangkan konten yang bermutu. Menghargai mereka yang memilih secara positif pada konten itu menumbuhkan basis oengikut yang besar. Basis koneksi orang yang berpikiran sama bisa berfungsi sebagai saluran distribusi yang efektif untuk konten yang unik dan menarik yang mendorong traffic. Ini merupakan sasaran yang baik untuk pemasangan iklan. Namun, banyak situs yang didukung iklan melaporkan bahwa traffic dari situs-situs Media Sosial terkenal buruk karena tidak mengklik iklan.
Sekian mengenai Manfaat yang Dibawa oleh Media Sosial semoga bermanfaat untuk anda

Sumber: Sukses di Era Facebook by Haris Priyatna

2 komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon