Sejarah Awal Berdirinya Facebook

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai Sejarah Awal Berdirinya Facebook. Seperti yang kita ketahui, Facebook merupakan media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Selain dapat digunakan untuk bersosialisasi dengan teman-teman, Facebook juga bisa digunakan untuk berbisnis. Awalnya, Mark Zuckerberg (lahir 1985), memperkenalkan "The FB," namanya saat itu, pada Februari 2004 dari kamarnya di asrama Harvard University. Dengan dibantu beberapa teman, Zuckerberg membuat jejaring mahasiswa melalui internet agar dapat saling kenal. Dalam 24 jam, 1200 mahasiswa Harvard bergabung dan segera jejaring ini menyebar ke kampus lain. Zuckerberg menciptakan #Facebook bersama kawannya Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Setelah FB Populer, dia drop-out dari Harvard lalu pindah ke Palo Alto, California, dan mulai merangkul investor, seperti pendiri PayPal, Peter Thiel, dan pendiri Napster, Sean Parker.

Facebook kini menjadi situs ketiga yang paling sering dikunjungi di dunia. Para pemasang iklan dari para investor memperebutkan Facebook. Pada tahun 2006, Zuckerberg mencengangkan dunia karena menampik tawaran Yahoo! untuk membeli Facebook seharga 1 miliar dolar AS (atau sekitar Rp12 triliun). Setahun kemudian, Microsoft membeli 1,6 persen saham Facebook sehingga 240 juta dolar AS. Sampai bulan Maret 2009, nilai ekonomi Facebook ditaksir sebesar 15 miliar dolar AS.

Mark Zuckerberg

Zuckerberg yang lahir dari keluarga dokter kaya memiliki 20% saham di Facebook, senilai 3 miliar dolar AS. Majalah Forbes mendeklarasikan Zuckerberg sebagai miliuner "self-made" termuda di planet ini.


Zuckerberg telah mendapatkan julukan sebagai "salah satu orang paling berpengaruh pada tahun 2008" versi manjalah Time. Pada Fprum Ekonomi Dunia di Dacos, Swiss, awal tahun 2009, Zuckerberg termasuk dalam daftar pemimpin muda karena prestasi dan komitmen terhadap masnyarakat serta berpotensi menyumbangkan ide untuk membentuk tatanan dunia baru. Pada forum itu, Zuckerberg tampil dalam sesi "Pengalaman Digital Mendatang." Peserta lain hadir antara lain Chad Hurley (YouTube), Craig Mundie (Microsoft), Shananu Narayen (Adobe), Hamid Akhvan (T-Mobile), dan Eric Clemmons (Wharton).

Salah satu poin menarik yang diberikan Zuckerberg adalah bahwa lebih dari 100 juta orang secara aktif menggunakan aplikasi bergerak pada Facebook. iPhone Facebook saja telah memiliki 5 juta pengguna aktif bulanan. dan Blackberry untuk Facebook memiliki 3,25 juta pengguna aktif bulanan. Kini Facebook sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Ada beberapa hal yang membuat Facebook begitu populer. Salahsatunya adalah di Facebook anggota bisa berkomuniasi dengan orang yang benar-benar dia kenal. Ini berbeda dari jejaring lainnya. MySpace, misalnya, merupakan ruang publik dimana kita dapat berhubengan dengan 1000 "teman," tetapi sebetulnya mereka adalah seleriti atau tokoh fiksi ciptaan perusahaan humas. Dengan kata lain, bukan sosok yang benar-benar kita kenal. Selain itu, desain Facebook lebih enak dilihat dan dijelajahi.

Sekian mengenai Sejarah Awal Berdirinya Facebook semoga bermanfaat untuk anda.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon