Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata, Tips Menjaga Kesehatan Mata, Vitamin Untuk Mata, Cara Menjaga Kesehatan Mata pada kali ini saya akan membahas mengenai Cara Menjaga Kesehatan Mata. seperti yang kita ketahui makanan yang tepat dan pemeliharaan secara rutin adalah dua faktor penting dalam menjaga kondisi mata. Latihan mata juga bisa memperbaiki penglihatan Anda. Mata Anda adalah jendela dunia, jadi, jagalah dengan baik. baca artikel ini untuk menjaga #Kesehatan Mata Anda.

Konsumsi banyak buah dan sayuran - Wortel mengandung sangat banyak betakarotin yang sangat bagus untuk mata, karena betakarotin adalah antioksidan yang mencegah degradasi makula.
  • Brokoli, paprika, dan kol juga bagus untuk mata karena mengandung banyak vitamin C. Beberapa orang mungkin tidak suka dengan rasanya. Tetapi jika dimasak dengan bumbu dan resep yang tepat, rasanya bisa enak.
  • Salmon dan sarden juga pilihan yang sehat untuk mata Anda karena mengandung omega 3 yang merupakan lemak yang sehat untuk tubuh Anda. Omega 3 berfungsi melindungi pembuluh darah di mata Anda.
  • Ubi jalar dan bayam juga pilihan yang lain. Keduanya mengandung betakarotin, dan bayam sendiri mengandung banyak vitamin C, lutein, dan zeaxanthin yang bagus untuk mata. Masak dengan bahan yang sehat agar rasanya enak.
Hindari menggunakan lensa kontak selama lebih dari 19 jam - Menggunakannya terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan mata dan juga membuat mata Anda merasa sangat tidak nyaman. Hal yang sama juga berlaku pada kacamata, terutama kacamata tiga dimensi.
  • Jangan tidur dengan menggunakan lensa kontak kecuali berdasarkan anjuran dokter. Mata Anda perlu asupan oksigen yang cukup tiap harinya, dan lensa kontak memblok aliran oksigen ke mata Anda, terutama ketika tidur. Dokter umumnya juga merekomendasikan mata seharusnya mendapat istirahat yang cukup di malam hari.
  • Jangan menggunakan lensa kontak ketika berenang. Lensa kontak Anda bisa saja lepas ketika kena air. Anda bisa menggunakan lensa kontak jika Anda melindunginya dengan kacamata renang.
Cara Menjaga Kesehatan Mata

Jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata - Sesekali menggunakan obat tetes mata untuk menghilangkan mata merah memang manjur.


Tetapi jika Anda menggunakannya tiap hari, Anda malah akan merusak mata Anda.
  • Obat tetes mata berfungsi menyempitkan aliran darah ke kornea, sehingga mengurangi asupan oksigen. Jadi, meskipun tidak gatal lagi, mata Anda sebenarnya kekurangan oksigen dari darah, dan itu tidak ideal.
  • Obat tetes mata juga akan membuat mata Anda semakin merah. Mata Anda akan terbiasa pada cairan kimia pada obat mata tersebut, dan akhirnya tidak memberikan efek apa-apa.
  • Bacalah keterangan dan instruksi penggunaan pada obat tetes mata. Banyak obat tetes mata yang tidak bisa digunakan selagi menggunakan lensa kontak.
Gunakan mentimun di kelopak mata Anda - Iris mentimun dingin dan letakkan di kelopak mata Anda selama 10 menit sebelum tidur untuk mencegah bengak pada kelopak mata.

Gunakan kacamata antiultraviolet - Gunakan kacamata dengan lensa terpolarisasi, bukan kacamata hitam yang sekedar memiliki lensa yang gelap. Lensa yang gelap hanya akan membuat dunia yang Anda lihat tampak gelak dan membuat pupil mata Anda melebar. Plus, lensa itu tidak akan melindungi Anda dari sinar ultraviolet.

Jangan terlalu sering menatap layar komputer - Oh, mungkin ini saatnya Anda mematikan komputer dan memberikan mata Anda istirahat.
  • Meskipun sampai saat ini belum ada bukti apakah menatap layar komputer terlalu lama bisa merusak mata, tapi yang jelas menatap layar komputer terlalu lama bisa membuat mata lelah dan kering.Cahaya dari layar komputer membuat oto mata cepat lelah, baik karena layarnya terlalu terang maupun terlalu gelap.
  • Orang umumnya lebih jarang mengedipkan mata ketika sedang menatap layar, dan itu membuat mata mereka kering. Selalu ingatkan diri sendiri untuk mengedipkan mata tiap 30 detik ketika duduk dan menatap layar komputer agar mata Anda tidak kering.
Gunakan kacamata anti debu jika diperlukan - Gunakan kacamata anti debu atau alat pelindung mata lainnya ketika sedang melakukan kegiatan di tempat yang partikel udaranya tidak bersahabat seperti laboratorium kimia atau pekerjaan konstruksi.

Jangan membaca di ruangan dengan pencahayaan yang redup - Meskipun tidak merusak mata, membaca di ruangan seperti itu bisa membuat mata lelah. Jika mata Anda lelah, berhentilah membaca sejenak dan istirahatkan mata Anda.

Jangan melihat cahaya terang secara langsung - Jangan fokuskan mata Anda langsung pada matahari, karena itu bisa merusak mata Anda.
  • Tips : 
  • Jangan asal menggunakan obat tetes mata. Pastikan kandungannya tepat untuk keperluan dan mata Anda. Meskipun memang membuat mata Anda merasa lebih baik, obat tetes mata sebenarnya belum betul-betul terbukti secara medis.
  • Periksa mata Anda di dokter mata tiap tahun. Mereka bisa mendiagnosis masalah mata yang bisa diperbaiki dengan kacamata, lensa kontak, atau operasi. Mereka juga bisa memeriksa mata yang kering, masalah pada retina, dan bahkan kondisi tubuh lainnya seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Beberapa hal yang tidak memiliki gejala seperti glaukoma bisa menyebabkan kebutaan jika didiamkan begitu saja.
  • Cuci tangan Anda sebelum memasang lensa kontak.
  • Konsumsi vitamin A yang cukup. Tetapi jangan terlalu banyak karena itu bisa membuat mata Anda merah.
  • Makanlah sayuran hijau, wortel, dan semacamnya agar Anda bisa mendapat asupan vitamin A yang cukup dan mencegah kebutaan.
  • Daripada menggunakan kacamata dan lensa kontak, cari tahu apakah Anda perlu operasi mata Lasik untuk memperbaiki mata Anda. Tidak semua orang bisa dan harus mendapatkan operasi seperti ini, jadi konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.
Sekian mengenai Cara Menjaga Kesehatan Mata semoga bermanfaat untuk anda. baca juga artikel mengenai kesehatan mata lainnya di blog ini.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon