Cara Melatih Siberian Husky

Kali ini saya akan membahas mengenai Tips, Trick, Cara Melatih Siberian Husky. Siberian Husky adalah ras anjing yang cantik, mandiri, atletis, dan cerdas. Walaupun sikapnya tampak lembut dan penyayang, husky merupakan anjing yang sulit dilatih. Dikarenakan sifatnya sebagai anjing kawanan, husky akan menantang kepemimpinan Anda dan menguji batas-batas yang ada. Husky juga akan bersifat merusak apabila tidak dibawa beraktivitas. Untuk menghindari pengalaman yang tidak menyenangkan dengan #Siberian Husky, sangatlah penting untuk memahami temperamen guna memberinya pelatihan yang tepat untuk menghadapi berbagai hal dan situasi. Berikut Cara Melatih Siberian Husky semoga bermanfaat untuk anda.

Tunjukkan diri Anda sebagai pemimpin - Siberian husky terkenal sulit untuk dilatih. Husky adalah anjing kawanan yang memiliki urutan hirarki kepemimpinan dan, oleh karenanya, memiliki sifat keras kepala, berkemauan kuat, dan mandiri. Dikarenakan husky juga memiliki sifat alami yang dapat merusak apabila tidak dilatih secara benar, sangatlah penting untuk memberinya pelatihan sedini mungkin guna meminimalisir sisi wataknya yang buruk.
  • Sangatlah penting untuk mengetahui temperamen seekor Siberian husky. Kepercayaan diri dan kemauan yang kuat merupakan hal yang penting dimiliki sebagai seorang majikan guna membuat anjing Anda bersifat patuh. Husky hanya akan menghormati atau mendengarkan perintah yang berasal dari pemimpin kawanannya.
  • Memperlakukan husky Anda sebagai sosok yang setara bukanlah hal yang baik untuk dilakukan karena husky merupakan anjing kawanan dan hanya akan mengikuti pemimpinnya. Oleh karena itu, Anda harus menunjukkan diri Anda sebagai pemimpinnya sepanjang waktu, mulai dari makan terlebih dahulu, memasuki ruangan sebelum anjing Anda, atau menyuruh husky Anda bergeser.
  • Terkadang, husky menunjukkan sifat agresif dan berupaya untuk menggoyang posisi kepemimpinan dengan menggigit, berpostur, atau melakukan tindakan kekerasan lainnya. Dalam kondisi tersebut, Anda harus menunjukkan dominansi Anda sebagai seorang pemimpin. Apabila Anda membiarkan sikap-sikap tersebut, husky Anda akan terus melakukan agresi yang lebih kuat kepada orang dan anjing-anjing lainnya.
  • Terkadang, Siberian husky melakukan tindakan yang sangat alami baginya tapi tidak diharapkan oleh orang lain. Sebagai pemimpin, Anda akan memperoleh otoritas untuk melatih husky Anda agar tidak melakukan sikap buruk seperti melompat, menggali, menggigit, dan mengunyah. Seekor husky hanya akan mematuhi pemimpinnya.
Siberian Husky

Hadiahi sikap yang baik - Sikap yang bagus merupakan landasan bagi anjing yang berwatak baik. Pemberian camilan yang lezat dan menggunakan suara yang menyemangati merupakan kombinasi yang efektif untuk mendorong husky Anda mengulangi sikapnya yang baik. Metode ini dinamai “penguatan positif” atau “pelatihan respek.”


  • Pastikan Anda memberikan hadiah sesegera mungkin supaya husky Anda memahami sikap apa saja yang sebaiknya diulanginya. Apabila Anda menunggu terlalu lama, husky akan merasa bingung. Setelah husky menguasai suatu perintah, Anda tidak perlu lagi memberinya camilan.
  • Arahkan sikap yang buruk menjadi baik. Fokuskan perhatian anjing Anda dari sikap-sikap yang buruk ke baik. Hal ini akan memberi tahu husky hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
  • Sistem pancingan dan hadiah merupakan metode yang aman karena husky tidak akan merasa takut, bersikap agresif, atau tertekan dari kekerasan. Alih-alih melakukan tindakan fisik pada husky, Anda hanya cukup membatasi jumlah camilan yang diberikan.
  • Buatlah pelatihan yang sederhana dan pasang target-target tertentu. Husky, sebagaimana halnya hewan pada umumnya, memiliki waktu belajar spesifik. Mulailah pelatihan dengan mudah, dari perintah-perintah yang sesedikit mungkin, dan tingkatkan perlahan-lahan menjadi lebih kompleks. Jangan lupa berikan hadiah atau camilan seiring dengan meningkatknya pemahaman husky Anda.
Disiplinkan husky Anda tanpa menggunakan kekerasan - Selain hadiah dan pujian, husky juga harus didisiplinkan apabila melakukan tindakan buruk. Sama seperti hadiah, tindakan hukuman juga harus dilakukan secepat mungkin, konsisten, dan diarahkan untuk membentuk sikap yang baik. Guna menghindari pemberian hukuman yang berlebihan, disiplin fisik atau kekerasan, dan setelahnya, kehilangan kepercayaan dan kemauan husky untuk patuh, Anda bisa cukup mengendalikan sumber daya husky seperti camilan, mainan, permainan, dan perhatian hingga anjing Anda menanggapi dengan sikap yang baik.
  • Ajari kedisiplinan dengan tegas. Gunakan kata-kata seperti “jangan” atau “stop” dengan penekanan yang kuat tanpa emosi atau kemarahan.
  • Sepanjang waktu, pastikan Anda menunjukkan kepemimpinan dengan mengendalikan sesi latihan dan memberikan perintah secara tegas.
  • Sebuah perintah harus dipatuhi. Apabila husky menolak, tinggalkan dan jangan acuhkan ia tanpa memberikan apa yang diinginkannya. Setelah beberapa menit, berikan perintah yang sama lagi. Lakukan berulang kali dan dengan penuh kesabaran hingga husky mematuhi Anda.
  • Apabila husky Anda terus-menerus bersikap keras kepala dan menolak patuh setelah beberapa kali diberikan perintah, pindahkan ia ke area terisolasi untuk mencegahnya berinteraksi dengan orang lain sebelum kondisinya sudah lebih tenang.

Siapkan kosakata yang bermanfaat untuk husky - Sama halnya dengan berkomunikasi kepada manusia lain, kosakata yang bermanfaat adalah dasar utama untuk membentuk pemahaman dan hubungan yang baik dengan husky Anda. Kosakata yang kuat akan menjadikan husky Anda cerdas, bersikap baik, dan, yang paling penting, memahami perintah Anda.
  • Kata-kata sederhana seperti “ya”, “tidak”, “duduk”, “diam”, “sini”, atau frasa-frasa kecil sebaiknya digunakan untuk mencoba berkomunikasi dengan husky.
  • Kata-kata dan frasa yang familiar akan membangun rasa percaya. Husky akan membangun kepercayaan diri dengan mengetahui siapa pemimpinnya dan apa perintah yang diberikan.
  • Kosakata yang bagus akan memberi husky Anda pengetahuan yang cukup dan, pada akhirnya, membuatnya mampu menyusun kata-kata dan frasa tersebut guna menyelesaikan tugas-tugas yang lebih rumit.
Lakukan pelatihan secara konsisten dan seimbang - Walaupun husky dikenal sebagai anjing yang cerdas, sikap yang baik adalah respons atas pengondisian yang berulang dalam lingkungan yang konsisten. Penerapan rutinitas merupakan cara terbaik untuk membangun konsistensi. Rutinitas membawa efek yang bagus untuk anjing dan majikannya karena dengan adanya jadwal latihan, bermain, dan aktivitas yang rutin, waktu kebersamaan antara keduanya akan menjadi maksimum serta menurunkan ekspektasi.
  • Komitmen untuk melakukan rutinitas harian adalah tantangan terbesar untuk bisa melatih husky secara efektif. Ketahuilah bahwa perubahan yang mendadak dalam jadwal harian akan bisa membingungkan dan meresahkan anjing, serta membuatnya lebih terdorong untuk melawan aturan.
  • Pastikan berbagai suplai seperti makanan, mainan, kerah, rantai, camilan, dan peralatan pembersih selalu tersedia agar jadwal harian tidak terpotong atau menekan bagi anjing dan majikan.
  • Selalu bertindak dengan tenang dan susun rencana untuk mencapai target-target tertentu. Siberian husky harus menyadari siapa yang memimpinnya dan perintah-perintah apa yang harus diikuti. Pastikan pemberian hadiah dan tindakan disiplin dilakukan setara terhadap jumlah pencapaian dan penurunan. Kasih sayang dan kelembutan juga merupakan hal yang harus dibagi bersama husky.
Buatlah dan pertahankan peraturan - Walaupun husky dikenal sebagai anjing yang cerdas, sikap yang baik adalah respons atas pengondisian yang berulang dalam lingkungan yang konsisten. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk membuat peraturan, mempertahankannya, dan mengomunikasikannya kepada seluruh anggota keluarga yang berhubungan langsung dengan husky Anda. Kemungkinan besar, husky tidak akan mengikuti perintah yang tidak konsisten atau membingungkan.
  • Tetapkan ruangan apa saja yang bisa dimasuki oleh husky, kursi mana yang bisa diduduki, dan tentukan lokasi yang akan menjadi tempatnya untuk tidur.
  • Suatu ketika, Anda mungkin akan harus meninggalkan husky sendirian. Dalam kondisi ini, pastikan Anda sudah menetapkan batasan-batasan dengan baik untuk melindungi barang-barang Anda dari husky yang mungkin akan merasa bosan. Anda bisa mempersilakan husky berada di tempat-tempat seperti dapur yang mudah dibersihkan apabila terjadi sesuatu, memiliki risiko rendah untuk sikap yang merusak, dan dekat dengan aktivitas keluarga untuk mencegah rasa kesepian.
Lakukan aktivitas sekurang-kurangnya tiga puluh menit setiap harinya untuk membakar kelebihan energi sekaligus bermain - Ingatlah bahwa Siberian husky telah dilatih selama ratusan, atau ribuan, tahun untuk menjadi anjing penarik kereta luncur, dan oleh karena itu, stamina mereka sangatlah tinggi. Apabila aktivitasnya kurang, husky akan menjadi gemuk dan malas, serta mendorongnya untuk melakukan hal-hal yang merugikan seperti melarikan diri, melolong, menggigit, dan menggali.
  • Berjalan-jalan saja tidak cukup untuk Siberian husky. Mereka dilatih untuk berlari sepanjang berkilo-kilo setiap harinya dan, oleh karena itu, membutuhkan banyak sekali aktivitas. Sekurang-kurangnya, Anda harus bisa mengajaknya berlari setiap hari atau setidaknya berjalan cepat untuk mengeluarkan energi husky Anda.
  • Siberian husky cenderung lebih suka untuk melolong daripada menggonggong. Lolongan yang terlalu banyak akan mengganggu tetangga dan mengakibatkan komplain. Pemberian aktivitas yang memadai akan melepaskan energi yang tertahan dan meminimumkan lolongan yang berlebihan.
  • Siberian husky dikenal jago melarikan diri. Husky sangat kreatif dalam mencari cara untuk kabur dari halaman rumah Anda. Dalam banyak kasus, husky hanya akan mencoba kabur apabila jarang beraktivitas atau merasa bosan.
  • Aktivitas luar ruangan lainnya seperti bersepeda, mendaki gunung, atau bahkan permainan sederhana seperti lempar-tangkap, bola, atau frisbee akan membantu membuat husky Anda kelelahan dan merupakan alternatif yang bagus dari berlari.
Sekian mengenai Cara Melatih Siberian Husky semoga bermanfaat untuk anda dan semoga berhasil dengan #Peliharaan anda.
Source: http://id.wikihow.com/Melatih-Siberian-Husky

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon