9 Cara untuk Menyukai Membaca Buku

9 Cara Untuk Menyukai Membaca Buku - Pada kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk menyukai membaca buku. mungkin saat ini membaca adalah aktivitas sehari-hari untuk beberapa orang. ada juga beberapa orang yang tidak menyukainya. jika kamu adalah orang yang tidak suka membaca, jangan berkecil hati. menurut survei, jumlah orang yang tidak suka membaca buku telah meningkat 3x lipat semenjak tahun 1978. mungkin kamu terpaksa untuk membaca buku membosankan untuk tugas sekolah atau tugas kantor, atau mungkin kamu hanya belum menemukan genre yang kamu suka. menjelajah untuk mencari beberapa genre mungkin akan membantu kamu untuk menemukan jenis buku yang disukai. apakah kamu ingin menumbuhkan minat membaca kamu? kalau begitu bacalah artikel ini untuk membantu kamu.

Baca Juga: Cara Menumbuhkan Minat Membaca

1. Pilihlah bacaan yang ingin kamu nikmati - beberapa orang mungkin senang membicarakan bacaan "klasik", tetapi bisa saja itu bukan tipe bacaan yang kamu sukai dan justru membuat kamu tidak menikmati kegiatan membaca. carilah bacaan yang kamu sukai yang dapat mendorong kamu untuk membacanya.
  • Pelajari berbagai jenis genre, contoh: biografi selebritas, roman, nonfiksi, novel grafik, atau karya fiksi.
  • Tanyakan kepada teman-teman atau keluarga kamu tentang buku apa saja yang mereka baca belakangan ini. mungkin kamu juga akan menyukainya.
  • Cobalah untuk menyukai genre lainnya, jangan membatasi diri hanya pada satu genre, bebaskan diri kamu untuk menjelajahi dunia bacaan yang luas.
2. Pergilah ke Toko asli - Toko buku fisik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan toko darling. contohnya, kamu dapat menelusuri tiap lorong dan mengambil buku apapun yang menarik.

3. Ingatlah bahwa kamu tidak akan diuji. :D mungkin ini terdengar sedikit lucu. beberapa orang menjadi benci membaca karena di sekolah mereka harus membaca untuk lulus ujian, dan tidak pernah memiliki koneksi emosional dengan apa yang dibaca. jika kamu hanya sedang mencari bacaan yang mungkin akan disukai, ingatlah bahwa ini bukan ujian, dan kamu tidak akan "Gagal" jika tidak menyukai buku tertentu.


4. Pikirkan tentang media lain selain buku - sobalah untuk membaca di berbagai media baca yang ada seperti tablet atau e-reader. ini sangat cocok untuk kamu yang sering berpergian. sobalah untuk menggunakannya. perangkat ini dapat membantu kamu melewatkan waktu tanpa harus membawa buku atau majalah berat selama perjalanan.

5. Bergabunglah dengan komunitas kutu buku - sebenarnya membaca bukanlah kegiatan yang membosankan dan harus dilakukan sendiri. bergabung dengan komunitas kutu buku merupakan cara sosial dan seru untuk menikmati berbagai jenis bacaan dengan teman-teman atau keluarga.

6. Mendengarkan buku dengan format audio - kalau kamu tidak suka membaca, dengarkanlah buku audio. buku audio biasanya dibacakan oleh aktor suara sehingga terdengar dramatis dan lebih menarik. ini mungkin akan membantu kamu untuk menikmati buku tanpa harus membaca secara fisik. buku audio juga pilihan bagus untuk didengarkan saat kamu sedang dalam perjalanan.

7. Jangan terlalu terburu-buru - kalau kamu membaca hanya untuk sekedar hiburan, tidak ada tekanan untuk membaca dengan cepat. jangan terburu-buru saat membaca untuk memastikan bahwa kamu sepenuhnya menikmati buku apapun yang kamu pilih.

8. Jangan memaksa diri untuk membaca - aktivitas membaca bisa menjadi tidak menyenangkan kalau kamau memaksa diri karena ekspektasi pribadi atau sosial. jangan menekan diri sendiri, dengan begitu, kamu mingkin menjadi senang membaca dan menyukai genre yang dipilih.

9. Membacalah saat santai - jangan membaca apabila kamu sedang terburu-buru. membaca dengan santai dapat membantu otak mengasosiasikan kegiatan membaca dengan kesenangan, bukan sebagai tugas.
  • Studi menunjukan bahwa konteks positif dan rileks dapat memotivasi orang untuk membaca.
  • Contoh: kamu dapat meletakkan bacaan di samping tempat tidur. Jika mau, kamu bisa mengambilnya sebelum tidur. pastikian kamu menyediakan berbagai jenis bacaan seperti majalah.
9 Cara untuk Menyukai Membaca Buku

Sekian mengenai 9 Cara untuk Menyukai Membaca Buku saat ini Indonesia dinilai sebagai negara dengan jumlah pembaca buku yang sedikit. berbeda dengan negara Jepang yang rata-rata mereka membaca 10 buku pertahun, rata-rata orang Indonesia ternyata hanya membaca 1 buku pertahun. oleh karena itu menumbuhkan rasa untuk menyukai membaca buku harus kita miliki untuk memperluas pengetahuan kita.

2 komentar

Alhamdulillah termotivasi :) thanks

Sama-sama. semoga bermanfaat (y)

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon