Apa itu Humas Interaktif?

Humas Interaktif adalah penggunaan berbagai perangkat dan teknologi internet seperti mesin pencari, bookmarking sosial Web 2.0, hubungan media baru, blogging, dan marketing media sosial. Humas interaktif memungkinkan perusahaan dan generasi menyebarkan informasi tanpa semata-mata mengandalkan arus publikasi utama dan berkomunikasi langsung dengan publik, pelanggan, dan calon pelanggan.

Istilah "Humas Interatif" mencangkup komunikasi dua-arah, antara sebuah organisasi dan publiknya. Metode-metode internet telah muncul sebagai cara yang cepat dan nyaman untuk bicara kepada publik, tetapi disifati dengan lebih baik sebagai humas digital, meskopun dialog didorong secara online, umpan-baliknya bisa kurang dari yang diharapkan dan/atau tidak mampu mencapai audiens yang diinginkan.

Metode-metode internet (yaitu humas digital) seperti blog, Twitter, sebaran email/teks, MySpace, dan Facebook mengambil pendekatan informal dalam bicara dengan orang, mengantisipasi respin.


Humas Interaktif menyatukan semua bentuk komunikasi. Ia tidak hanya terbatas pada press-release online dan blog, tetapi menggunakan semua unsur dalam membangun hubungan sambil memelihara pentingnya lisan.


Beberapa unsuk humas interaktif yang juga menyatukan teknologi viral dan mobile antara lain:

  • Optimasi konten press-release untuk mesin pencari, untuk membantu upaya-upaya SEO.
  • Promosi press-release melalui situs-situs media sosial, juga partisipasi dalam diskusi komunitas di situs-situs ini.
  • Pemantauan otomatis atas liputan press online dan penggunaan brand serta merek dagang.
  • Pembuatan blog perusahaan, organisasi, atau individu internal: 1. Mencangkup diari infividu sampai kampanye politik, program media, dan korporasi. 2. Cara yang efesian untuk berbagi pengetahuan dan mengelola berita dari sebuah organisasi. 3. Mendorong dialog, pandangan positif dan negatif.
  • Twitter untuk informasi up-to-date yang dikirimkan kepada seseorang atau semua orang: 1. digunakan untuk pertanyaan-pertanyaan, kontak, dan undangan informal. 2. memungkinkan orang mengikuti kegiatan orang lain dan terus berhubungan.
  • Sebaran email/teks memberikan informasi terbaru yang disiarkan secara cepat kepada kelompok besar: 1. dapat digunakan dalam keadaan-keadaan genting. 2. kemampuan untuk mengukur jawaban-jawaban.
  • Jejaring sosial seperti MySpace dan Facebook memungkinkan orang untuk berkomunikasi pada level profesional dan/atau sosial
  • Kontrol lengkap atas citra dan pesan, gratis, mendorong promosi mulut-ke-mulut.
  • Produksi dan promosi podcast dan webinar (konferensi web).

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon