Cara Membuat Ulasan Film

Cara Membuat Ulasan Film Kualitas film yang baik dinilai dari seberapa banyak orang yang menontonnya. Jika film tersebut ditonton banyak orang, berarti film tersebut layak untuk diberi ulasan. Ulasan film yang bagus harus bersifat menghibur, menyarankan, memberi informasi, juga memberikan pendapat orisinal tanpa harus memberikan banyak alur. membuat ulasan film yang bagus dapat menjadi sebuah karya seni yang berdiri sendiri. berikut ini merupakan beberapa tips membuat artikel ulasan film. semoga bermanfaat untuk kamu.

Membuat Ulasan Film


1. Cari Sumber
Kamu bisa mencari sumber informasi mengenai film yang akan kamu ulas. informasi yang bisa kamu cari diantaranya adalah:
  • Judul dan Tanggal Rilis Film.
  • Nama sutradara.
  • Nama-nama aktor utama.
  • Jenis film.


Menyiapkan buku catatan. Siapkan buku catatan atau leptop agar kamu bisa mencatat hal-hal yang penting. durasi film yang panjang kadang bisa melupakan beberapa rinci atau titik alur yang penting. dengan mencatat, kamu bisa mengingat kembali bagian yang akan dijadikan sebagai bahan.

Cara Membuat Ulasan Film

Buat analisis film. Buatlah analisis berbagai komponen yang menyatu di dalam film saat kamu menontonnya. misalnya apakah alurnya sesuatu yang baru dan tidak mudah ditebak, atau membosankan dan terasa lemah? atau kamu juga bisa menganalisis latar belakang film apakah digunakan secara berlebihan atau kurang dimanfaatkan? Menegangkan? Menghibur? atau kamu juga bisa menganalisis kostum yang digunakan. apakah cocok digunakan? berlebihan?

2. Menyusun Ulasan
Buatlah sebuah gagasan atau ide utama untuk dibahas dan didukung oleh hasil pengamatan kamu pada berbagai unsur film. Gagasan kamu harus disinggung pada paragraf pertama dari ulasan.
  • Apakah film tersebut mencerminkan kejadian di masa sekarang atau isu terkini? 
  • Apakah film tersebut memiliki pesan, atau apakah memiliki tujuan untuk menimbulkan respons tertentu dari penonton?
  • Apakah film itu memiliki kaitan dengan Anda secara pribadi?

Memberi pembaca bayangan apa yang akan didapatkan saat mereka memutuskan menonton film adalah hal yang bagus. Berikan ringkasan alur yang mencakup pengenalan karakter-karakter utamanya, penggambaran latar, dan penjelasan mengenai inti atau konflik utama dari film tersebut. Jangan pernah melanggar aturan terpenting dalam menulis ulasan, yaitu membeberkan terlalu banyak.
  • Saat kamu menuliskan nama karakter pada ringkasan alur, tuliskan nama aktor setelahnya dalam tanda kurung.
  • Carilah bagian di dalam paragraf untuk menyebut nama sutradara dan judul lengkap film.
  • Jika kamu merasa perlu membahas informasi yang mungkin akan memberikan spoiler kepada pembaca, berikan peringatan terlebih dahulu.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon