Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop, Tips dan Trick Mempercepat Kinerja CPU Komputer. bagaimana sih cara meningkatkan kinerja komputer menjadi lebih cepat dan ringan? jika komputer Kamu terasa lambat ketika sedang digunakan untuk bekerja atau untuk bermain game, ini tandanya bahwa sudah waktunya Kamu untuk memperbaikinya. Ada banyak sekali cara yang bisa Kamu lakukan untuk memperbaikinya, baik untuk menggunakan bantuan software boost starup, atau menghentikan semua aplikasi yang berjalan. tapi pada kali ini saya akan membahas dua cara saja, yakni dengan menggunakan bantuan software dan dengan cara manual.

Seiring dengan berjalannya waktu, kinerja komputer akan semakin melambat. jika hal seperti ini dibiarkan, maka masalah akan terus meningkat.

setiap masalah pada komputer sebenarnya bisa dengan mudah diatasi, asalkan Kamu sudah tahu caranya dan apa penyebabnya.

Cara Mempercepat Kinerja Komputer dan Laptop

Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop


Pada dasarnya, untuk mendapatkan kinerja komputer yang baik adalah dengan menggunakan perangkat komponen komputer yang baru. tapi untuk mendapatkannya perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit. jangan khawatir.. tips yang saya berikan ini bisa kamu lakukan pada komputer dengan pentium yang lebih kecil juga pada sistem operasi manapun.

Cari hal-hal yang menyebabkan komputer Kamu lelet

Perlu kamu ketahui bahwa kebanyakan masalah yang terjadi pada komputer merupakan akibat dari infeksi virus, spyware dan beban registry yang terlalu berat. Komputer Windows sering sekali menjadi lelet ketika Anda memasang terlalu banyak aplikasi dan utilities.


Membersihkan Penyimpanan Komputer

Membersihkan Penyimpanan Komputer. kinerja komputer akan menjadi lambat apabila hampir seluruh media penyimpanan pada komputer penuh. seiring berjalannya waktu hal ini dapat membuat kinerja komputer lelet karena penuh dengan file berkas yang tidak digunakan. normalnya minimal hardisk harus memiliki ruang kosong kurang lebih 60 GB terutama pada hardisk sistem. silahkan tinjau kembali isi hardisk Kamu, kemudiah hapus file yang tidak digunakan.

Hapus Software yang tidak digunakan. silahkan pilih software yang sudah tidak digunakan kembali. silahkan hapus program tersebut menggunakan Add or Remove yang ada di Control Panel, atau menggunakan bantuan program uninstaller.

Menghapus riwayat penelusuran web. riwayat penelusuran telah mencatat semua situs yang sudah anda kunjungi, berkas internet sementara, juga cookies, dan informasi yang Anda masukan di situs tertentu. Apabila Anda sering membersihkannya, hal ini dapat membantu menambah ruang penyimpanan dan meningkatkan kecepatan komputer.

Melakukan Defragmentasi pada Hardisk. Defrag merupakan cara yang digunakan untuk merapihkan penyimpanan file pada hardisk. untuk menjalankannya, silahkan klik kanan pada hardisk yang ingin di defrag, kemudian pilih "Properties" > "Tools" > "Optimize and Defragment Drive" > "Optimize"

Melakukan perawatan rutin pada komputer. Lakukan perawatan secara rutin misalnya, Kamu bisa menggunakan program CCleaner untuk menghapus berkas sementara atau berkas yang ditinggal oleh beberapa program tertentu. jangan lupa untuk melakukan defrag hardisk secara rutin.

Mencegah masuknya Virus pada Komputer. silahkan instal aplikasi antivirus pada komputer kamu. jika kamu pengguna sistem operasi windows 7 kebawah, saya rekomendasikan menggunakan dua antivirus, yakni Smadav dan Avast. Tapi jika kamu pengguna windows 8 atau windows 10, saya rasa sudah tidak perlu lagi menggunakan antivirus. tapi yang perlu dilakukan adalah selalu mengupdate Windows Defender secara rutin.

Optimasi Kinerja Komputer dengan Software Utilities

Ada banyak sekali software utilities yang bisa kamu gunakan. walaupun fungsinya sama, kadang setiap program memiliki kekurangan dan kelebihannya dalam melakukan optimasi komputer

Baca Juga: Cara Membersihkan CPU Komputer

Saya merekomendasikan menggunakan aplikasi AVG PC TuneUp Utilities untuk memperbaiki kinerja komputer juga menjaga kesehatan komputer, karena program ini mudah untuk digunakan juga hasilnya lebih maksimal jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Bagi Kamu yang sudah memiliki aplikasi ini, silahkan buka aplikasi tersebut kemudian pilih mode "Turbo Mode" untuk melakukan boost startup.

Selain itu juga kamu bisa menonaktifkan aplikasi yang berjalan secara otomatis. hal ini dapat menambah kapasitas RAM komputer Kamu. semakin sedikit jumlah aplikasi yang dijalankan, maka semakin sedikit pula memori RAM yang digunkan.

sekian pembahasan mengenai Cara Mempercepat Kinerja Komputer semoga dapat membantu anda. terimakasih dan selamat mencoba.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon