Cara Mengeluarkan Benda Asing dari Mata dengan benar

Cara Mengeluarkan Benda Asing dari Mata dengan benar - Bagaimana cara mengeluarkan benda asing dari mata? Mengeluarkan benda asing dari mata sebenarnya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda harus mengetahui benda apa yang masuk ke mata. jika terdapat benda yang berukuran besar dan tersangkut di mata, seperti logam atau kaca, sebaiknya Anda mendatangi ruang gawat darurat untuk segera mendapatkan penanganan medis. tapi jika benda yang masuk kedalam mata berukuran kecil, seperti serpihan debu atau bulu mata, Anda bisa melakukan penanganan dengan cara membilas mata dengan air. Pelajari cara untuk mengeluarkan benda asing dari mata agar Anda tahu penanganan seperti apa yang harus dilakukan jika Anda atau seseorang mengalami situasi ini.

Cara Mengeluarkan Benda Asing dari Mata dengan benar, Mata Merah, Cara Mengobati Mata Merah, Sakit Mata Merah,
Mata Merah bisa disebabkan karena partikel debu yang masuk kedalam mata.

Tindakan apa yang harus dilakukan ketika benda asing masuk ke mata?

1 Mengidentifikasi benda yang masuk ke mata

Jika sesuatu benda mengganjal di mata Anda berukuran besar, Anda perlu mencari pertolongan medis. Anda bisa memperparah keadaan jika mencoba untuk menyingkirkan benda dari mata oleh Anda sendiri. Segera cari pertolongan medis jika anda mengalami salah satu berikut:
  • Mual atau Muntah
  • Sakit kepala atau pening
  • Penglihatan berkunang-kunang atau terganggu
  • Pusing dan kehilangan kesadaran
  • Demam
  • Nyeri, kemerahan atau merasa tidak nyaman setelah Anda mengeluarkan benda dari mata

2. Mencuci tangan anda


Mencuci tangan akan membantu Anda menghilangkan partikel debu, atau bakteri dari mata yang terkontaminasi. Gunakan sabun antibakteri dengan air hangat kemudian cucilah tangan Anda selama 3 menit. Jangan lupa untuk mencuci bagian bawah kuku juga sela-sela jari.
  • Cara ini penting untuk dilakukan agar memastikan bahwa bakteri, zat berbahaya, atau benda lainnya tidak mengenai mata Anda yang bersifat rentan terhadap kerusakan dan infeksi.

3. Apakah Anda bisa melihat benda tersebut?

Mengetahui letak benda asing yang masuk ke mata Anda, bisa membantu Anda memastikan apakah benda tersebut telah menyebabkan kerusakan pada mata. Penting untuk mengetahui letak benda tersebut kemudian jangan berusaha untuk memasukan alat apapun ke mata. Peralatan lain bisa melukai mata juga dapat membuatnya terkonterminasi.

4. Menggerakan mata untuk menemukan benda yang masuk ke mata

Gerakan mata Anda ke kanan kemudian ke kiri, atau ke atas kemudian kebawah, untuk menemukan letak benda tersebut. memang terdengar agak sulit untuk melihat mata Anda selagi melakukannya. tapi anda bisa menggunakan cermin untuk membantu anda.

Bagaimana Cara Mengeluarkan Benda Asing dari Mata?

1. Ketahui apa yang harus dihindari

Sebelum Anda berusaha untuk mengeluarkan benda asing dari mata, ketahui terlebih dahulu apa yang harus dihindari.
Jangan pernah mengeluarkan benda seperti logam apa pun yang sudah masuk ke mata, baik berukuran besar maupun kecil.
Jangan memberi tekanan pada mata Anda sebagai usaha untuk mengeluarkan benda tersebut.
Jangan menggunakan alat pinset, tusuk gigi, atau benda keras lainnya untuk mengeluarkan benda dari mata Anda.

2. Gunakan obat pembersih mata

Obat sakit mata dan Obat pembersih mata berbeda. Menggunakan pembersih mata yang steril merupakan cara terbaik untuk mengeluarkan benda asing dari mata.

3. Menggunakan Air yang mengalir

Anda bisa mencoba membilas dengan air yang mengalir. Jangan mengarahkan air langsung ke mata Anda. sebaiknya biarkan air mengenai dahi terlebih dahulu dan mengalir ke wajah Anda.

4. Carilah Pertolongan Medis

Jika Anda kesulitan untuk mengeluarkan benda asing dari mata, atau Anda mengalami kesakitan ketika mengelauarkan benda, beritahu orang lain dan mintalah untuk menghubungi pusat informasi keracunan dan mencari pertolongan medis.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Mata Anda

Peringatan: Jangan menyentuh mata Anda dengan jari atau mencoba untuk menggunakan benda atau alat untuk mengeluarkan benda dari mata. Pembersih mata steril atau air merupakan cara paling baik untuk mengeluarkan benda asing dari mata.

Kesimpulan: Untuk mengeluarkan benda asing dari mata tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda bisa membuatnya menjadi parah jika melakukannya sendirian, atau menggunakan alat yang dapat membahayakan mata.

Baca juga artikel mengenai kesehatan mata lainnya di blog ini.

Tips Menghindari Benda Asing masuk ke Mata

Jika Anda bekerja di tempat yang banyak terdapat partikel debu di udara, gunakan kacamata anti debu untuk menghindari partikel debu masuk kedalam mata.

Jangan meniup debu secara langsung yang dekat dengan wajah Anda. hal ini agar menghindari partikel debu berterbangan di udara kemudian mengenai mata Anda.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon