Cara Mengobati Luka Bakar pada Anak dengan Cepat

Cara Mengobati Luka Bakar pada Anak dengan Cepat - Bagaimana cara mengobati luka bakar pada anak? Jika anak Anda menderita luka bakar, periksa lah seberapa parah luka bakar tersebut kemudian segera mengobati sesuai dengan kebutuhan. Sebenarnya luka bakar bisa diobati di rumah tergantung dari tingkat seberapa parah. Tapi, luka bakar yang parah  sangat membutuhkan pertolongan medis. dalam kasus darurat, segeralah menghubungi rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis dengan cepat. berikut ini merupakan cara mengobati luka bakar pada anak-anak silahkan pelajari agar Anda tahu apa yang harus dilakukan ketika anak Anda atau orang lain mengalami luka bakar.

Bagaimana cara menilai kondisi luka bakar?

Pahami penyebab umum luka bakar pada anak-anak. Luka lepuh karena cairan merupakan penyebab luka bakar paling sering terjadi pada anak-anak. beberapa penyebab luka bakar karena; Zat Kimia (bisa juga disebabkan oleh penghapus cat, bensin, atau asam yang kuat), Api, Uap, Benda yang memiliki suhu panas, Arus listrik, Kekerasan (penyebab luka ini harus selalu dipertimbangkan sebagai kemungkinan penyebab luka bakar jika terdapat keraguan tangan kondisi luka bakar)

Cara menilai kondisi luka bakar. Luka bakar memiliki tiga jenis tingkat keparahan yaitu tingkat satu, tingkat dua, dan juga tingkat tiga. Periksa area luka bakar agar Anda dapat mengetahui seberapa parah luka bakar kemudian memutuskan apakah anak tersebut harus dibawa ke rumah sakit atau tidak.

Luka Bakar derajat I
Luka bakar yang mencapai tingkat satu mempengaruhi lapisan permukaan paling luar saja. luka bakar dengan tingkat ini menyebabkan rasa sakit, kemerahan pada kulit juga bungkak. Pada umumnya, luka bakar dengan tingkat keparahan pertama tidak terlalu mengkhawatirkan juga tidak perlu diperiksa ke dokter.

Luka Bakar derajat II
Luka bakar yang tingkat keparahannya mencapai derajat dua mempengaruhi lapisan terluar dan beberapa lapisan dalam kulit. oleh sebab itu, selain rasa sakit, luka bakar dengan tingkat keparahan dua juga dapat menyebabkan lecet, pembengkakan, dan kulit yang memerah. Luka bakar dengan tingakat keparahan ini memiliki lebar lebih dari 5 sampai 7 cm dan harus segera dibawa dan diperiksa oleh dokter.


Luka Bakar derajat III
Luka bakar dengan tingkat keparahan mencapai tingkat tiga telah mencapai lapisan terdalam kulit. Luka bakar dengan tingkat terparah ini bisa menyebabkan kulit memutih atau menghitam dan kulit terasa mati. Luka bakar dengan tingkat keparahan tiga sangat membutuhkan pertolongan medis.

Lokasi luka bakar juga penting. Luka bakar pada bagian tubuh tertentu seperti tangan, kaki, wajah, atau bagian belakang bawah, atau di persendian dan organ kelamin itu sangat serius, dan jika Anda ragu, bisa diperiksakan oleh petugas medis.

Mencari bantuan medis. beberapa kasus luka bakar yang lebih serius, tidakan medis yang cepat merupakan kunci utama penyembuhan. Anda harus segera pergi ke rumah sakit jika beberapa hal berikut ini terjadi:
  • Luka bakar dengan tingakat parah derajat III.
  • Luas permukaan luka bakar mencapai ukuran telapak tangan anak.
  • Luka bakar yang disebabkan karena zat kimia atau arus listrik.
  • Anak anda menunjukan tanda panik. gejalanya adalah kehilangan kesadarah, pucat, pusing, atau pingsan, lesu, detak jantung cepat, kemudian mengalami kesulitan bernapas, atau bernapas dengan cepat. Segera hubungi rumah sakit jika anak Anda mengalami gejala-gejala tersebut.
  • Jika Anda tidak yakin, sebaiknya segera menghubungi dokter.

Cara Mengobati Luka Bakar pada Anak dengan Cepat

Mengobati Luka Bakar di Rumah

Luka bakar kadang menjadi pengalaman yang menakutkan untuk anak-anak. ketakutan mereka terhadap kejadian tersebut dalam banyak kasus melebihi cedera itu sendiri. Oleh sebab itu, salah satu prioritas utama Anda adalah meyakinkan juga membantu anak tersebut untuk tetap tenang juga mengatasi rasa sakitnya.

Untuk membantu meredakan rasa sakit akibat luka bakar, Anda dapat memberikan obat yang mengandung asetaminofen (parasetamol) dan lbuprofen. kedua obat ini bisa dibeli dengan mudah dan dapat membantu mengendalikan rasa sakit juga meminimalkan inflamasinya.

Baca kembali aturan pemakaian pada kemasan produknya kemudian pastikan untuk memberikan kepada anak Anda sesuai dengan dosis yang disarankan untuk anak-anak.

Sebelum membalut luka bakar dengan perban, pastikan untuk membersihkan lukanya terlebih dahulu secara menyeluruh dengan sabun dan air bersih. bersihkan luka bakar dengan lembut agar tidak membuat luka bertambah menjadi parah.

Jangan menekan luka lepuh hingga pecah. Luka bakar sering kali menimbulkan luka lepuh. jangan coba untuk memecahkannya, biarkan luka lepuh sembuh dengan sendirinya. Jika luka lepuh pecah dengan sendirinya, bersihkan luka tersebut dengan lembuht menggunakan sabun dan air bersih. untuk mencegah terjadi infeksi, oleskan obat antibiotik dan balut dengan perban.

Jangan gunakan pembersih tangan, sabuh yang keras, alkohol murni atau hidrogen peroksida unguk membersihkan luka tersebut.

Cobalah untuk menggunakan salep yang dapat melembapkan kulit. Jika tidak ada kulit atau luka lepuh yang terbuka, silahkan oleskan salep yang mengandung pelembap pada area kulit yang terbakar agar kulit terasa sejuk. Losion atau gel lidah buaya memiliki kandungan alami yang meredakan luka bakar.

Baca Juga: Cara Mengobati Luka Bakar dengan Lidah Buaya

Tutup luka bakar dengan perban luka yang steril. dengan cara ini akan melindungi luka tersebut dari lingkungan dan membantu membuatnya sembuh. pastikan untuk mengganti setidaknya satu kali setiap hari untuk membuatnya tetap bersih.

Pikirkan kapan terakhir anak Anda mendapatkan imunisasi. dalam protokol medis orang yang mengalami luka terbuka diharuskan untuk disuntik tetanus. jika anak Anda pernah disuntik tetanus, imunitasnya akan bertambah selama 10 tahun setelah disuntuk dan tidak akn membutuhkan lagi suntik tetanus selama periode tersebut. Tapi, jika Anda tidak yakin apakah anak Anda sudah disuntuk tetanus, segera konsultasikan dengan dokter untuk memutuskannya.

Banyak dokter yang menyarankan suntik tetanus jika waktu terakhir imunisasi tetanusnya sudah lebih dari lima tahun juga anak tersbut menderita luka bakar dengan tingkat keparahan derajat II atau III

Ajari anak agar tidak menggaruk luka bkarnya. Menggaruk bekas luka bakar akan membuat luka tersebut semakin terbuka dan meningkatkan resiko infeksi.

Memilih Pertolongan Medis

Segera pergi ke unit gawat darurat. Segera bawa anak Anda ke unit gawat darurat segera mungkin. Semua kondisi tersebut termasuk ke dalam keadaan darurat dan harus segera dibantu petugas medis. jika mengalami luka bakar derajat II yang tidak terlalu parah, Anda bisa menghubungi dokter.

Pastikan anak Anda banyak minum. dalam beberapa kasus luka bakar yang serius dan membutuhkan bantuan medis, dokter akan merekomendasikan untuk menjaga anak Anda banyak minum agar terhidrasi dengan baik selama proses penyembuhannya. kadang kuka bakar bisa menyebabkan anak kehilangan cairan. oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga proses penyembuhan dengan baik.

Sumber:
↑ http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/burns/basics/definition/con-20035028
↑ https://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000030.htm
↑ https://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000030.htm

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon