Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengenali Berita Palsu

Cara Mengenali Berita HOAX / Cara Mengenali Berita Palsu / Bohong / Kiat untuk Mengenali Berita Palsu / Tips Mengenali Berita Palsu

Cara Mengenali Berita HOAX / Cara Mengenali Berita Palsu / Bohong / Kiat untuk Mengenali Berita Palsu / Tips Mengenali Berita Palsu

Media Sosial merupakan sumber lalulintas internet terbesar. dengan adanya media sosial kini kita dapat bersosialisasi dengan teman, keluarga, bahkan dengan orang yang belum kita kenali. Kita juga bisa mendapatkan berbagai informasi seperti berita melalui halaman media berita.

Dewan Pers dan ICT Watch Indonesia bekerja sama dengan Facebook telah melakukan upaya-upaya yang dapat membantu masyarkat di dunia maya untuk mengetahui berita palsu. Berikut ini merupakan kiat untuk mengenali berita palsu yang telah dirilis oleh Facebook

Kiat untuk Mengenali Berita Palsu

1. Jangan langsung percaya dengan judul. Kabar berita palsu sering kali memiliki judul yang menarik yang ditulis dalam huruf besar dan dengan tanda seru. Jika klaim mengejutkan dalam judul kelihatannya tidak dapat dipercaya, maka kemungkinannya memang begitu.

2. Perhatikan URL berita. URL palsu atau yang dibuat mirip aslinya dapat menjadi tanda peringatan berita palsu. Banyak situs berita palsu menyerupai sumber berita autentik dengan sedikit mengubah URL. Anda dapat membuka situs tersebut untuk membandingkan URLnya dengan sumber tepercaya.


3. Selidiki sumbernya. Pastikan cerita tersebut ditulis oleh sumber yang Anda percayai memiliki reputasi keakuratan yang baik. Jika cerita tersebut berasal dari organisasi yang tidak dikenal, baca bagian "Tentang" mereka untuk mempelajari selengkapnya.

4. Amati bila ada pemformatan yang tidak wajar. Banyak situs berita palsu memiliki kesalahan eja atau penataan letak yang janggal. Bacalah dengan saksama untuk melihat tanda-tanda ini.

5. Pertimbangkan fotonya. Kabar berita palsu sering berisi gambar atau video yang dimanipulasi. Terkadang foto tersebut memang autentik, tetapi konteksnya melenceng. Anda dapat menelusuri foto atau gambar tersebut untuk mencari tahu asalnya.

6. Periksa tanggalnya. Kabar berita palsu mungkin berisi kronologi yang tidak masuk akal, atau tanggal peristiwa yang sudah diubah.

7. Periksa buktinya. Periksalah sumber pengarang untuk mengonfirmasi keakuratannya. Kurangnya bukti atau ketergantungan terhadap ahli-ahli yang tidak disebutkan namanya dapat mengindikasikan kabar berita palsu.

8. Lihat laporan lainnya. Jika tidak ada sumber berita lainnya yang melaporkan cerita yang sama, hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa cerita tersebut palsu. Jika cerita tersebut dilaporkan oleh beberapa sumber yang Anda percayai, maka kemungkinan cerita tersebut benar.

9. Apakah cerita tersebut hanya gurauan? Terkadang kabar berita palsu sulit dibedakan dengan humor atau sindiran. Periksa apakah sumbernya memang terkenal menampilkan parodi, dan apakah perincian cerita dan nadanya memberikan kesan berita tersebut hanya sekadar gurauan.

10. Beberapa cerita memang sengaja dibuat salah. Berpikirlah secara kritis tentang cerita yang Anda baca, dan hanya bagikan berita yang Anda ketahui dapat dipercaya.

Dengan ini saya berharap masnyarakat lebih bijak untuk menggunakan Media Sosial. Sekian mengenai 10 Cara Mengenali Berita Palsu. semoga bermanfaat untuk kamu. Terimakasih sudah membaca :)

Sumber: Facebook

1 komentar untuk "10 Cara Mengenali Berita Palsu"

  1. Terimakasih sudah berbagi informasinya. mudah-mudahan dengan kiat-kiat ini, warganet akan lebih bijak menggunakan media sosial :)

    BalasHapus

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.