Istilah Role Play (RP) Pada Media Sosial



Istilah Role Play (RP) Pada Media Sosial. Role Play atau RP (artinya:berperan) Adalah sebutan yang digunakan untuk berperan sebagai karakter baik itu berasal dari film animasi, novel, dan sebagainya, pada media sosial. Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa istilah ini muncul pada tahun 2008-2009, ada pula yang berpendapat bahwa istilah RP ini mulai terkenal bersamaan dengan istilah Cosplay, Cosplay adalah kependekan dari Costume Playing, merupakan bentuk lain dari kecintaan pada anime. Di negeri asala anime, Jepang, cosplay berawal dari kegiatan mempromosikan anime. Biasanya pada acara launching merchandise anime di took-toko dimana orang bisa melihat dan foto bareng dengan tokoh anime itu.

Role Play (RP) biasanya dimainkan pada media sosial seperti Twitter, Facebook, Line, dan lainnya ditandai dengan kata Role Play, RP, #RP pada profil mereka, menggunakan foto karakter yang dimainkan sebagai foto mereka.


Ada beberapa aturan bermain Role Play atau RP pada media sosial, diantaranya
1. Tidak mempublikasikan identitas asli anda (Pada kehidupan nyata)
2. Mendalami karakter sesuai dengan aslinya (Watak Aslinya)

Contoh RPer di Twitter: @NickWildeID@GideonGreyRP@NickWildeRP@LtHopps@judy_hoppsTH@NickPWilde_ZPD, Dan masih banyak lainnya.

Pengalaman pribadi bermain Role Play (RP) 
Saya sendiri memiliki pengalaman pribadi bermain Role Play pada media sosial Twitter, dan berperan sebagai karakter Nick Wilde dari film Disney Zootopia. Saya mulai bermain RP pada bulan Februari 2016. pada awalnya saya bermain sendiri, tapi tidak lama kemudian saya bertemu RPer asal Malaysia yang berperan sebagai karakter Judy Hopps yang pada film aslinya, karakter Nick Wilde dan Judy Hopps adalah satu Tim dalam memecahkan sebuah kasus, dan setelah itu kami pun mendeklarasikan diri kami sebagai parter, Juga saya memiliki teman RPer lainnya yang berasal dari negara lainnya, dan karena hal itu, saya menjadi terbiasa berbahasa inggris. 

Jangan pernah masuk ke bagian yang salah, ya! Pada dasarnya, bermain Role Play (RP) digunakan untuk mencari teman sesama pecinta karakter yang dimainkannya. Jangan sampai semua akun media sosial kita, digunakan sebagai bermain RP, karena kita juga perlu berinteraksi dengan teman-teman kita di dunia nyata.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon