Memelihara Hewan Rubah

cara merawat rubah, memelihara rubah di rumah, membuat kandang rubah, sifat-sifat rubah, perilaku rubah, hal-hal yang harus di siapkan sebelum memelihara rubah.


Memelihara hewan Rubah di Indonesia Hai, sobat! kali ini saya akan membahas beberapa poin mengenai memelihara hewan rubah, yaitu:

1. Apakah memelihara hewan rubah di Indonesia di perbolehkan?

2. Apa Hukum Islam mengenai memelihara rubah?
3. Seperti apa perilaku rubah?
4. Hal-Hal yang harus kamu lakukan sebelum memelihara rubah
5. Membuat kandang Rubah di luar rumah

Rubah merupakan hewan omnivora dan merupakan anggota terkecil dari Canidae (mamalia yang berhubungan atau sejenis dengan anjing atau serigala). Mereka merupakan hewan pelari yang cepat, tangkas, lincah, memiliki indra penciuman yang tajam dan penglihatan di malam hari.

ada beberapa jenis rubah diantaranya yaitu rubah merah, rubah fennec, rubah marble, rubah abu, rubah silver, rubah arctic, rubah cross, dan jenis-jenis rubah lainnya yang ada di dunia. Rubah dapat kita temukan di seluruh benua. mereka hidup di hutan, semak-semak dan padang pasir. Kebanyakan rubah makan tikus, vole. kelinci, telur burung, serangga besar dan daging bangkai. Rubah juga di gunakan di China sebagai hewan pemburu hama, hewan ini banyak di pelihara oleh petani di sana untuk melindungi perkebunan mereka dari hama tikus tanpa merusak buah dan sayur di kebun mereka. Selain itu, Rubah juga merupakan hewan peliharaan yang eksotis dan jarang di pelihara karena ada beberapa jenis rubah yang dilindungi. salahsatunya adalah rubah perak.
Hewan Rubah Perak
Rubah perak merupakan jenis rubah yang dilindungi karena jumlah populasinya tinggal sedikit. di Amerika Serikat ada pasangan suami-istri yang secara tidak sengaja memelihara hewan rubah perak, mereka baru menyadarinya setelah tumbuh bulu berwarna putih perak pada hewan peliharaannya. awalmya mereka menemukan hewan tersebut dalam keadaan terluka dan masih bayi lalu mereka memutuskan untuk merawatnya. awalnya mereka mengira hewan yang mereka rawat merupakan seekor anjing karena pada saat itu rubah tersebut masih kecil dan mirip dengan anak anjing. karena perawatannya yang baik akhirnya mereka diizinkan untuk memelihara rubah perak tersebut.

Apakan memelihara rubah di Indonesia di perbolehkan?
Memelihara rubah di Indonesia tentusaja di perbolehkan, hanyasaja kebanyakan dari doker hewan di Indonesia tidak tahu mengenai pemeliharaan hewan ini. sebaiknya anda mencari dokter hewan yang bisa merewat rubah kamu.

Apa hukum Islam memelihara rubah?
Dalam islam, Anjing di larang untuk di pelihara, terkecuali 3 jenis Anjing yang di perbolehkan, yaitu: Anjing untuk menjaga kebun, Anjing untuk menjaga ternak, dan  Anjing pemburu. lalu Apa hubungannya dengan Rubah? Rubah merupakan hewan buas yang sejenis dengan anjing namun juga bisa di katakan tidak sejenis dengan anjing, pasalnya rubah ini tidak mengeluarkan lidahnya seperti layaknya seekor anjing. ada banyak ulama yang berpendapat mengenai memelihara rubah namun ada beberapa dari mereka berpendapat bahwa memelihara rubah di perbolehkan asalkan bermanfaat, tidak buas dan dipelihara dengan baik.

Baca Juga: 9 Spesies Hewan Rubah dan Fakta tentangnya

Seperti apa perilaku rubah?


Pada dasarnya rubah merupakan hewan yang berperilaku ingin tahu. "Ingin Tahu" yang saya maksud adalah mereka mudah tertarik dengan hal-hal yang baru misalnya mereka akan mudah mengabil apapun yang belum pernah mereka temui misalnya bola, handphone dan lain-lain.

Hal-hal yang harus kamu persiapkan sebelum memelihara rubah
Sebelum kamu memelihara rubah, kamu harus tahu bahwa rubah itu merupakan hewan yang juga buas dan bisa memangsa hewan yang lebih kecil darinya. selain itu kamu harus mengetahui keadaan di lingkungan kamu, apakah jenis rubah yang akan kamu pelihara merupakan jenis yang di lindungi atau bukan. kamu harus membuat kalung untuk rubah untuk berjaga-jaga apabila dia lepas maka orang akan mengetahui kalau rubah yang mereka temui merupakan rubah peliharaan, bukan rubah liar. Periksalah dokter hewan yang dekat dengan tempat tinggal kamu, apakah mereka bisa merawat rubah atau tidak karena di ada beberapa dokter di Indonesia enggan untuk merawat rubah karena merupakan hewan yang eksotis, Catatan: Rubah juga memerlukan Vaksin. maka dari itu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan

Ajak Rubah berolahraga
Rubah adalah hewan paling berenergi jika dibandingkan dengan anjing dan kucing. Berolahraga selama sekitar satu atau dua jam sehari cukup membuat rubah merasa lelah.

Baca Juga: Harga Hewan Rubah Merah

Pilihlah makanan rubah dengan cermat
Konsultasikan dengan dokter hewan anda untuk membuat sebuah daftar makanan yang tidak boleh diberikan kepada rubah anda. Jangan memberikan makanan yang dapat menyakiti rubah diantaranya Alpukat, Kafeina, Cokelat, Anggur dan Kismis, Terung Hijau, Paprika, Tomat, Kentang, Kacang, Biji apel, Ceri dan Persik, Xilitol. Anda dapat memberikan makanan anjing kepada rubah dan anda bisa konsultasikan dengan dokter hewan tentang pilihan makanan yang lain.

Membuat kandang rubah di luar rumah
Karena sifat rubah yang selalu ingin tahu, ada baiknya kamu membuat kandang di luar rumah agar rumah kamu tidak berantakan karena ulah si rubah yang lincah dan sifat ingin tahunya yang tinggi. Untuk cara pembuatan membuat kandang yang baik, kamu bisa melihatnya di WikiHow atau klik Disini

Sekian penjelasan mengenai hewan rubah. saya berharap informasi yang saya tulis disini bermanfaat untuk anda. terimakasih - Farhan


Terimakasih sudah membaca! :)

Bonus! rubah penjual es

Rubah Licik, Memelihara Hewan Rubah, Rubah Merah,

10 komentar

saya lagi pingin banget piara rubah (fox) tapi belinya dimana ya dan juga harganya berapaan sih? tolong ya kasih tau! @-)

Di Indonesia belum ada toko hewan peliharaan yang jual Rubah (fox) soalnya di Indonesia, hewan Rubah masih dianggap hewan eksotis jadi cuma orang tertentu yang bisa beli. Tapi kalaupun kamu berani beli di luar negri, saya sarankan beli di toko hewan peliharaan di Florida, USA. disana satu-satunya toko hewan peliharaan yang jual rubah murah. saya dapet info itu dari youtubers yang pelihara rubah. bahkan youtubers jepang aja beli ke sana :>)

Kira-kira berapa ya harganya kalau dijual di Indonesia? hihi

Di Kaskus pernah ada yang jual. harganya 60jt sepasang. mungkin yang bikin harganya mahal tu emang karena di Indonesia gk ada yang jual rubah ;-(

Sifat rubah itu lebih ke kucing apa anjing yah :-?

Kalau menurut saya sih bisa ke kucing, bisa ke anjing. Orang yang melihara rubah juga bilang gitu. kadang perilakunya bisa kayak kucing, bisa kaya anjing :)

Kalau ane plihara rubah moga aja sifatnya kayak anjing hehehe hihi

Saya ingin sekali memelihara hewan ini hihi

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon