9 Spesies Hewan Rubah dan Fakta tentangnya

Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah, Jenis Hewan Rubah, Fakta Tentang Hewan Rubah, 9 Spesies Hewan Rubah di Dunia, 

Rubah merupakan hewan omnivora dan merupakan anggota terkecil dari canidae atau hewan yang masih berhubungan dengan anjing. hewan rubah memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat, kemampuan penglihatan di malam hari, serta memiliki indra penciuman yang sangat tajam. hewan rubah dapat kita temukan di semua benua. mereka bisa hidup di hutan, semak-semak, dan padang pasir. kebanyakan rubah memakan tikus, kelinci, telur burung, serta serangga kecil.

Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Tentang Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah,Hewan Rubah memiliki 27 Spesies yang berbeda diantaranya yakni Rubah Fennec (Fennec Fox), Rubah Merah (Red Fox), Rubah Abu-Abu Arktik (Marble Arctic Fox), Rubah abu-abu (Gray Fox), Rubah Perak (Silver Fox), Rubah Arktik (Rubah Arktik), Rubah Korsak (Corsak Fox/Steppe Fox) dan spesies rubah lainnya.

Spesies Hewan Rubah

1. Rubah Merah (Red Fox)

Rubah merah merupakan jenis rubah yang paling banyak penyebarannya dan spesies rubah paling beragam. rubah merah juga merupakan spesies yang paling besar ukurannya dibandingkan dengan spesies lainnya. Rubah merah memiliki tinggi 35cm sampai 50cm dan memiliki ekor yang lebih panjang dibandingkan dengan spesies rubah lainnya dan Hewan Rubah jenis ini paling banyak di pelihara.

Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Tentang Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah,

Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Tentang Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah,

Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Tentang Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah,

2. Rubah Fennec (Fennec Fox)


Rubah Fennec atau disebut Fennec Fox merupakan spesies rubah gurun pasir. habitat aslinya berada di afrika utara dan gurun sahara. berbeda dengan spesies-spesies rubah lainnya, rubah fennec memiliki tinggi hanya 20cm, panjang ekor 18cm sampai 30cm, dan memiliki ukuran telinga yang sedikit lebih besar dari ukuran tubuhnya yang dapat mendengar mangsanya di dalam pasir. Rubah jenis ini juga banyak di pelihara.

Rubah Fennec (Fennec Fox), Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Tentang Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah,

3. Rubah abu-abu Arktik (Marble Fox)

Rubah abu-abu atau juga disebut sebagai (Marble Fox) merupakan Spesies rubah yang sejenis dengan spesies rubah merah. Marble Fox ini merupakan spesies rubah yang sering di ambil bulunya untuk dijadikan mantel.

Rubah abu-abu Arktik (Marble Fox), Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Tentang Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah,

4. Rubah Perak (Silver Fox)

Rubah perak atau Silver Fox merupakan spesies hewan rubah yang paling dilindungi. karena perburuan liar yang dilakukan untuk diambil bulunya, spesies hewan rubah ini kini jumlahnya hanya sedikit.

Rubah Perak (Silver Fox),  Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Tentang Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah,

5. Rubah Arktik (Arctic Fox)

Rubah Arktik atau Arctic Fox merupakah spesies hewan rubah yang memiliki bulu tebal. pada dasarnya rubah ini memiliki warna putih dan abu-abu pada bulunya. namun ketika musim dingin datang, bulu hewan ini berubah menjadi putih menyeluruh.

Rubah Arktik (Arctic Fox), Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Tentang Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah,

6. Rubah Abu-Abu (Gray Fox)

Rubah Abu-abu atau Gray Fox merupakan spesies hewan rubah satu-satunya yang dapat memanjat pohon. hewan jenis ini diketahui merupakan spesies yang paling lama keberadaannya di bumi yakni sejak 3.600.000 tahun yang lalu.

Rubah Abu-Abu (Gray Fox), Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Tentang Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah,


7. Rubah Silang (Cross Fox)

Cross Fox merupakan spesies hewan rubah yang masih memiliki keluarga dengan spesies rubah merah. Cross Fox ini memiliki ciri bulu berwarna hitam, merah, dan sedikit warna putih. hewan ini mudah ditemukan di Amerika Utara.

Rubah Silang (Cross Fox), Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Tentang Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah,

8. Rubah Korsak (Corsak Fox/Steppe Fox)

Rubah Korsak atau disebut Corsak Fox merupakan spesies hewan rubah yang hanya bisa ditemukan di Rusia, China, Iran, Afghanistan, dan Mongolia. Spesies rubah ini memiliki tinggi 45cm sampai 65cm dan memiliki panjang ekor sampai 35cm.

Rubah Korsak (Corsak Fox/Steppe Fox), Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Tentang Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah,

9. Rubah Swift (Swift Fox)

Swift Fox merupakan spesies hewan rubah merah yang paling kecil. jenis rubah ini memiliki ciri yang hampir sama seperti spesies rubah merah, hanya saja ukuran spesies ini lebih kecil jika dibandingkan dengan spesies rubah merah

Rubah Swift (Swift Fox), Hewan Rubah, Spesies Hewan Rubah, Tentang Hewan Rubah, Memelihara Hewan Rubah,

Memelihara Hewan Rubah

Pernah saya bahas pada postingan sebelumnya tentang Memelihara Hewan Rubah. Ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan sebelum memelihara rubah. Hewan Rubah merupakan hewan yang masih tergolong jenis hewan buas. hewan ini bisa memangsa hewan yang lebih kecil darinya. selain itu juga terdapat beberapa spesies hewan rubah yang dilindungi. sebaiknya kita memeriksa kembali hukum yang berlaku di Indonesia untuk mengetahui apakah jenis hewan rubah yang akan di pelihara merupakan spesies yang dilindungi atau tidak. Kemudian periksalah lingkungan tempat tinggal. biasanya rubah akan pergi di malam hari untuk mencari makanan. pastikan kamu tidak memelihara hewan lain yang lebih kecil darinya.

Hewan rubah lebih aktif jika dibandingkan dengan kucing atau anjing. rubah juga dapat melompati pagar setinggi 2 meter. jika hewan ini kabur, maka bisa membahayakan hewan peliharaan milik tetangga karena bisa saja si rubah keluar di malam hari untuk berburu.

Fakta Tentang Hewan Rubah lainnya

Hewan Rubah sebagai Pemburu Hama

Di Tiongkok, para petani menggunakan hewan rubah untuk berburu tikus di malam hari. para petani lebih memilih menggunakan hewan rubah untuk berburu hama dibandingkan dengan seekor anjing karena cara berburu hewan rubah ini tidak merusak pertanian atau kebun mereka. saat hewan rubah berburu, ia akan perlahan dan mengendap-endap mendekati mangsa.

Licik, Pintar, dan Berani

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya mengapa rubah bisa mendapat julukan ini. karakter hewan rubah sering kali digambarkan sebagai sosok yang berani, pintar, dan licik. istilah rubah licik ini disesuaikan dengan sifat rubah yang dapat hidup di manapun seperti hutan, padang pasir, atau perumahan. hewan rubah juga, pintar dalam berburu, lincah, dan dapat hidup sendirian. Rubah juga terkenal memiliki penciuman yang sangat bagus, penglihatan di malam hari, pendengaran yang baik, juga dapat berlari hingga 50km per jam.

Rubah merupakan teman manusia sebelum Anjing

Rubah memiliki kewaspadaan yang tinggi jika ada manusia yang mendekat. tak heran jika banyak yang mengatakan bahwa hewan rubah merupakan hewan yang lazim untuk di pelihara. namun faktanya para arkeolog dari Universitas Cambridge, Inggris berhasil menemukan kuburan manusia yang dikuburkan bersama rubah di yordania. fosil hewan rubah ini berumur 16.500 tahun. sedangkan penguburan manusia dan anjing ditemukan pada 4000 tahun yang lalau. Dari hasil lokasi kuburan tersebut membuktikan bahwa rubah merupakan hewan peliharaan manusia sebelum anjing.

Desa Hewan Rubah di Jepang

Di Prefektur Miyagi Jepang, terdapat kebun binatang bernama Zao Fox Village. di dalam kebun binatang ini terdapat lebih dari 200 ekor hewan rubah dengan 6 spesies yang berbeda. dengan cukup membayar 1000 yen atau setara dengan Rp 112.000, kamu bisa bermain sepuasnya bersama rubah-rubah yang akan mengerumuni kamu.

Kebun binatang Zao Fox Village ini buka setiap jam 9 pagi sampai jam 4 sore. untuk biaya masuk ke kebun binatang Zao Fox ini kamu perlu mengeluarkan uang 1000 yen silahkan kunjungi http://zao-fox-village.com/en untuk lebih lanjut

Desa Hewan Rubah di Jepang, Kebun binatang hewan rubah, Zao Fox Village di Jepang

Sekian pembahasan mengenai Spesies Hewan Rubah di Dunia. Semoga dengan ini dapat menambah wawasan mengenai jenis spesies-spesies hewan rubah (Fox). Terimakasih

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon