Cara Mengakurkan Kucing dan Anjing

Cara Mengakurkan Kucing dan Anjing Meskipun ada banyak kucing dan anjing yang tidak langsung bersahabat, ada beberapa cara untuk membantu kedua hewan manis ini menyesuaikan diri untuk hidup berdampingan. Dengan tidak melakakukannya secara terburu-buru dan memahami kebutuhan kedua peliharaan Anda, rumah yang bahagia dan damai dengan anjing dan kucing akan tercipta.

Mengenalkan Kucing dan Anjing untuk pertamakalinya
1. Siapkan proses pengenalan.
2. Lakukan dengan perlahan.
3. Pisahkan ruangan antara kucing dan anjing.
4. Biarkan kucing dan anjing saling mengendus dengan sebuah pintu sebagai pemisahnya.
5. Tunggulah beberapa saat sebelum mengenalkan kucing dan anjing sampai keduanya terlihat santai dan siap.
6. Peluklan kucing sampai ia tenang dan rileks.
7. Tunjukkan kasih sayang yang sama kepada kedua hewan saat mengenalkan keduanya.
8. Pisahkan kembali kedua peliharaan.
9. Teruslah membuat anjing dan kucing saling berinteraksi sampai keduanya merasa nyaman terhadap keberadaan satu sama lain.

Siapkan proses pengenalan - untuk memulai proses pengenalan pastikan rumah anda memiliki tempat yang cukup luas agar kedua hewan memiliki tempat masing-masing yang saling berjauhan untuk beberapa hari. jadi sebaiknya anda memiliki ruangan lebih dari satu. ada baiknya anda melatih anjing anda sebelum mengenalkannya kepada kucing agar menuruti perintah anda. jika anda memelihara anjing baru yang belum mengerti dengan perintah-perintah anda, sebaiknya anda jangan terburu-buru memperkenalkan kepada kucing.


Lakukan dengan perlahan - hindari kedua peliharaan anda tidak saling mengejar-ngejar. kedua peliharaan anda membutuhkan waktu untuk saling mengenal bau agar terbiasa dengan kehadirannya di rumah anda. kucing dan anjing tidak menyukai jika anda memperkenalkan secara tiba-tiba.

Pisahkan ruangan antara kucing dan anjing - cara ini digunakan agar keduanya bisa memiliki daerah yang ditempati masing-masing tanpa bertemu secara langsung. Bau adalah cara yang paling penting untuk mengenalkan kedua hewan. Biarkan anjing dan kucing saling mengenali bau masing-masing sebelum benar-benar bertemu secara langsung. Cobalah usapkan handuk atau kain pada tubuh anjing lalu letakkan handuk tersebut di bawah tempat makan kucing. Hal ini akan membuat kucing terbiasa dengan bau anjing dan menerimanya secara tidak langsung.

Biarkan kucing dan anjing saling mengendus dengan sebuah pintu sebagai pemisahnya - cobalah untuk menempatkan mereka dalam sebuah ruangan terpisah yang terdapat celah kecil sehingga mereka bisa menyesuaikan bau hewan lain.

Tunggulah beberapa saat sebelum mengenalkan kucing dan anjing sampai keduanya terlihat santai dan siap - jika kucing anda kabur ketakutan dan bersembunyi setiap anjing anda mendekati itu tandanya anda masih memerlukan waktu untuk memperkenalkan mereka. tetapi jika kucing anda sudah terbiasa dengan bau dan suara anjing anda, itu adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkannya secara langsung.

Peluklan kucing sampai ia tenang dan rileks - pastikan kucing dipeluk apabila ia suka dipeluk. pakailah pakaian anda dengan pakaian berlengan panjang dan menggunakan sarung tangan agar menghindari cakar kucing. 

Tunjukkan kasih sayang yang sama kepada kedua hewan saat mengenalkan keduanya - Seperti layaknya kita, hewan juga memiliki perasaan cemburu saat “anak baru” mendapatkan perhatian yang lebih banyak ketimbang dirinya. Tunjukkan kasih sayang kepada kedua peliharaan Anda bahwa Anda menyayangi keduanya.

Pisahkan kembali kedua peliharaan - Jangan paksa anjing dan kucing anda untuk berinteraksi terlalu lama sehingga membuat keduanya lelah dan berujung pada konflik.

Teruslah membuat anjing dan kucing saling berinteraksi sampai keduanya merasa nyaman terhadap keberadaan satu sama lain - Setelah si kucing merasa cukup nyaman, tetaplah ikat anjing Anda tetapi biarkan kucing bebas di dalam ruangan tersebut.[8] Setelah beberapa minggu, anjing Anda harus dilatih untuk tidak mengejar kucing sehingga Anda bisa membebaskannya juga.
Akan lebih mudah jika anda memelihara anjing dan kucing semenjak kecil. saat kucing dan anjing masih kecil akan lebih mudah untuk beradaptasi. namun kadang anak anjing bisa menyakiti kucing saat bermain. anjing tidak mengetahui kekuatan sendiri dan sangat suka bermain.
Sekian Cara Megakurkan Kucing dan Anjing saya berharap kedua peliharaan anda cepat akur dan membangun rumah yang bahagia dan damai. Terimakasih banyak dan semoga berhasil - Farhan

referensi: http://id.wikihow.com/Mengakurkan-Kucing-dan-Anjing

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon