Strategi Media Sosial Barack Obama

Strategi Media Sosial Barak Obama - MyBarackObama.com adalah bagian dari situs web Obama yang mendaftarkan ribuan demi rubuan para pendukung untuk mengisi blog, berbagi, berkomunikasi, dan untuk mengajak orang memilih pada hari pemilu. Tim kampanye Obama menggunakan situs ini sebagai sebuah sarana untuk memobilisasi ribuan relawan, juga untuk mengetahui pandangan khalayak tentang kampanye Obama.

Blog Barack Obama - Blog Barak Obama terus menerus diperbarui, para anggota timnya selalu menambah konten disini agar orang selalu datang kembali, tertarik, dan terlibat. Blog itu mendorong percakapan dan keterlibatan, tetapi sangat jarang berisi uraian khas yang biasanya terdapat di blog-blog politik yang lain yang seperti press release.

Barak Obama di Flickr - Tim Obama selalu mengambil gambar kegiatan Obama dan mengunggahnya ke Flickr. Foto dari berbagai acara kampanye atau orang-orang yang juga berpartisipasi menyumbangkan foto di sini.


Catatan penting disini adalah sebagian besar foto-foto bukanlah foto profesional sama sekali, foto-foto itu tidak disiapkan, foto-foto itu nyata. Para relawan mengambil gambar kampanye dari sudut pandang mereka dan berkontrubusi dalam pertukaran itu.


Saluran YouTube Barak Obama - Bicara soal mekanisme komunikasi yang hebat, sudah pasti itu adalah video. Ketika anda mendengar orang berbicara soal pidato yang disampaikan Obama, anda bisa menemukanya di YouTube. Ambil contoh pidato "Yes We Can" dari Nashua, New Hampshire pada bulan Januari 2008. Pidato ini bahkan mengilhami tidak hanya semboyan " Yes We Can" untuk diulang-ulang, tetapi juga mengilhami sebuah lagu dan video musik yang diproduksi oleh Will.i.am. Video ini sudah ditonton lebih dari 20 juta kali. Faktor besarnya disini, bukanlah sekedar pidatonya, melainkan tayangan rekaman tim kampanye tentang barisan pemilih dan keterlibatan relawan. Hal itu sangat menggugah. Blog-blog politik terkenal seperti Daily Dish dari Andrew Sullivan, Huffington Post, dan Media Matters, selalu menyertakan link ke Video "Hope Change Everything" di YouTube. Begitu pula dengan blog-blog surat kabar harian regional, seperti Chicago Tribune. Bahkan blog-blog musik juga menyematkan link-nya karena ada nuansa "Obama sebagai bintang-rock" dalam video tersebut.

Barak Obama di LinkedIn - Tim Obama menggunakan LinkedIn secara luas. Para anggota LinkedIn mulai diskusi, bertanya ambil bagian dalam percakapan itu. Grup Obama di LinkedIn bernama Obama for America.

"Obama adalah kandidat pertama yang menghubungi kami," kata Kay Luo, direktur komunikasi korporat LinkedIn. "Semua orang sudah pernah mendengar tentang MySpace dan Facebook sebagai tempat yang jelas untuk bertemu kaum muda. Tetapi, LinkedIn memiliki demografi yang lebih matang, yaitu para profesional yang mapan, ini bisa lebih berpengaruh."

Sekian mengenai Strategi Media Sosial Barack Obama semoga bermanfaat

1 komentar so far

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon