2 Tips Sederhana Merawat Kulit

2 Tips Sederhana Merawat Kulit - Seperti yang kita ketahui, kulit merupakan lapisan tubuh yang paling luar yang digunakan untuk melindungi bagian tubuh paling dalam. kulit juga berfungsi sebagai indra peraba yang juga sama pentingnya untuk kita selain itu juga kulit berfungsi untuk melindungi tubuh manusia, sebagai indra perangsang, pengatur suhu, dan masih ada banyak fungsi lainnya. karena kulit merupakan bagian tubuh yang paling luar, kulit sering kali terkena berbagai debu, itu sebabnya kita haruslah sering merawat tubuh kita. dengan cara mandi tidak dapat sepenuhnya membersihkan kulit kita. berikut ini Tips Membersihkan Kulit agar menjaga #Kesehatan kulit anda.

1. Cara Merawat Kulit Kering

Pertahankan minyak alami - Tubuh Kamu secara alami menghasilkan minyak yang menjaga kulit terlindungi dan mencegah kekeringan. Namun, Anda melakukan banyak hal sepanjang hari yang menghilangkan minyak alami tersebut. Ancaman paling besar untuk pelindung alami kulit adalah rutinitas mandi Anda. Sabun dapat menghilangkan banyak minyak dari kulit dan air yang terlalu panas juga membuat kulit Anda berisiko. Turunkan suhu air mandi serendah yang Anda dapat tahan dan hanya gunakan sabun yang mengandung pelembap atau ditandai untuk "kulit sensitif". 

Kelupas dengan lembut - Anda mungkin melihat saran untuk mengelupas kulit kering. Ini akan menghilangkan kulit mati, mencegah infeksi, dan memungkinkan produk pelembap terserap dengan baik. Ini merupakan nasihat yang baik tetapi Anda harus mengikutinya dengan hati-hati. Pertama-tama, Anda tidak ingin mengelupas terlalu sering. Sekali atau dua kali seminggu bisa terlalu banyak, terutama untuk daerah-daerah sensitif seperti wajah. Anda juga harus tidak menggunakan alat pengelupas yang keras, seperti spons mandi atau batu apung. Sebaliknya, pasta soda kue atau waslap yang bersih akan bekerja dengan baik tanpa menyebabkan kerusakan.


Keringkan kulit dengan hati-hati - Ketika Anda mengeringkan kulit, berhati-hatilah. Menggosok kuat dengan handuk tidak hanya dapat mengiritasi kulit, tetapi juga dapat menghapus terlalu banyak kelembapan dan minyak. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan atau membuat masalah yang ada semakin buruk. Sebaliknya, keringkan dengan udara ketika Anda bisa atau kalau tidak tepung ringan kulit Anda dengan sampai kering dengan kain atau handuk bersih yang lembut.


Terapkan pelembap - Setelah Anda mandi atau membuat kulit basah, Anda harus selalu menggunakan lapisan pelembap untuk membantu mengunci kelembapan dan mengembalikan minyak alami yang mungkin telah tercuci. Lapisan dasar ini tidak perlu tebal, tentu. Hanya lapisan perlindungan dasar saja sudah dapat membuat perbedaan.

Terapkan lapisan tebal pada malam hari - Jika Anda bisa, coba terapkan lapisan tebal produk pelembap di malam hari, kemudian tutupi area tersebut dengan pakaian untuk melindungi produk. Ini akan memberikan kulit Anda lebih banyak produk untuk diserap dan lebih banyak waktu untuk menyerapnya. Walau begitu perlu disadari bahwa sebagian besar produk pelembap kulit ini bisa menyebabkan noda pada pakaian, jadi pastikan untuk menutupi kulit dengan pakaian yang tidak Anda sayang, seperti sepasang sweater atau piyama lama.

2 Tips Sederhana Merawat Kulit
Tips Merawat Kesehatan Kulit

2. Melindungi Kulit

Lembapkan secara teratur - Jika Anda ingin memiliki hasil nyata yang bertahan lama, penting untuk membuat sebuah rutinitas. Anda harus melembapkan dan merawat kulit secara teratur dan untuk waktu yang lama sebelum Anda dapat melihat hasil yang nyata. Konsisten, tekun, dan yang paling penting adalah: bersabar. Anda akan melihat hasilnya tetapi Anda harus pastikan melembapkan setiap hari untuk waktu yang sangat lama.

Lindungi kulit dari dingin - Udara dingin akan mengendapkan kelembapan dari udara. Udara kemudian menyerap kelembapan apa pun yang bisa ia dapat dari kulit Anda, yang kemudian menyebabkannya kering. Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin paling terkena masalah ini pada musim dingin. Lindungi kulit Anda dari suhu dingin dengan menutup diri dengan pakaian hangat dan dengan menutup kulit dengan krim untuk mengunci kelembapan yang Anda miliki.

Lindungi kulit dari sinar matahari - Matahari juga menyebabkan masalah dengan kulit kering, dengan mengritasi kulit dan menyebabkan kerusakan. Anda juga berisiko kanker kulit dengan mendapatkan terlalu banyak paparan sinar matahari. Pastikan untuk mengenakan pakaian pelindung sebanyak yang Anda bisa ketika Anda pergi ke luar pada hari yang cerah dan untuk kulit yang tidak tertutup pakaian, gunakan tabir surya.


Gunakan sabun ringan - Beberapa sabun, terutama yang memiliki surfaktan sintetis dalam kadar tinggi benar-benar keras pada kulit dan dapat menyebabkan kerusakan dan kekeringan. Anda perlu menemukan sabun ringan, yang sesuai dengan kulit Anda, untuk mencegah kekeringan. 

Periksa rumah Anda apakah ada air keras - Air keras, atau air yang mengandung kalsium dalam konsentrasi tinggi adalah hal yang umum di seluruh dunia. Namun demikian, kelebihan kalsium ini (yang secara teknis tidak berbahaya) dapat mengiritasi dan mengeringkan kulit, dengan meninggalkan beberapa kalsium pada kulit. Anda harus menguji rumah Anda apakah airnya keras untuk mengetahui apakah ini yang menyebabkan masalah kulit.

Pertahankan kelembapan yang sehat di rumah Anda - Sama seperti halnya udara kering musim dingin yang buruk untuk Anda, udara kering apa saja juga dapat menyebabkan kulit kering. Anda dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan humidifier di rumah atau di kantor. Tempat paling dasar untuk memulainya adalah dengan menjalankan humidifier di kamar Anda di malam hari, karena ini juga akan membantu Anda tidur.

3. Merawat Dari Dalam

Minum lebih banyak air - Dehidrasi dapat dengan mudah menyebabkan kulit kering bermasalah sehingga Anda perlu memastikan minum banyak air. Namun, berapa jumlah yang tepat tergantung pada masing-masing individu. Delapan gelas yang dianjurkan adalah titik awal, tetapi Anda mungkin membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit.

Dapatkan nutrisi yang tepat dalam menu makanan Anda - Kulit, seperti begitu banyak bagian lain dari tubuh Anda, memerlukan beberapa nutrisi lebih banyak dari bagian lain untuk terlihat paling baik. Anda perlu memastikan untuk mendapatkan nutrisi ini dalam menu Anda atau minum suplemen untuk memastikan tubuh Anda mendapatkannya dalam jumlah yang cukup. Nutrisi terbaik untuk kulit termasuk vitamin A, vitamin E, dan asam lemak omega-3.

Perangi obesitas dan kondisi terkait yang dapat menyebabkan kekeringan - Telah lama dibuktikan oleh ilmu pengetahuan bahwa kulit kering sering kali dapat disebabkan oleh kelebihan berat badan dan obesitas. Kondisi yang terkait dengan obesitas, seperti diabetes, juga dapat menyebabkan kulit kering. Jika Anda mendapati metode lain tidak membantu menjaga kesehatan kulit, Anda mungkin ingin mempertimbangkan jika berat badan dan kondisi kesehatan Anda secara umum adalah akar penyebab masalahnya.


Waspadai kondisi kesehatan yang mendasarinya - Masalah kesehatan yang mendasari lainnya juga dapat menyebabkan kulit kering. Anda perlu berbicara dengan dokter dan mendapatkan pemeriksaan untuk melihat apakah ada dari masalah ini yang mempengaruhi Anda. Jika ada, maka Anda akan tahu mengapa usaha Anda sendiri belum terlalu berhasil dan Anda akan memiliki pilihan baru untuk membantu menjaga kulit tetap sehat. 

Konsultasi dengan dokter - Seperti kebanyakan masalah medis, jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah, merupakan ide yang bagus untuk berbicara dengan dokter. Kulit kering merupakan masalah yang tidak boleh diabaikan. Kulit kering yang parah menyebabkan retakan kecil dan besar di kulit, yang membuat Anda berisiko serius mengalami infeksi. Kulit kering, seperti disebutkan di atas, dapat juga dikaitkan dengan masalah kesehatan yang lebih parah seperti diabetes. Untuk alasan ini, merupakan ide yang bagus untuk tidak mengabaikan masalah jika Anda mendapati tindakan yang telah dibahas di atas tidak membantu.

Sekian mengenai Tips Merawat Kulit semoga bermanfaat

2 komentar

nice post gan bermanfaat bangat ilmunya apalagi yang udah nikah

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon