Cara Menentukan Nama Domain untuk Bisnis

Domain Name, Domain Bisnis, Domain dan Hosting Gratis, Tips Domain untuk Bisnis, Memilih Domain untuk Bisnis, Nama Domain untuk Bisnis, Menentukan Nama Domain,

Domain adalah sebuah alamat website yang digunakan untuk memudahkan pengunjung mencari website kita. Domain ibaratkan sebuah alamat rumah. jika domain tersebut mudah diingat, unik, dan memiliki nama yang sesuai, maka dengan mudah pengunjung menemukan website Anda.

Memiliki website rasanya sangat wajib untuk Anda yang ingin memiliki toko online.Anda dapat menjangkau jutaan konsumen lebih daripada siapapun yang pernah menjalani bisnis.

Ada layanan web hosting yang bersifat gratis, namun jika Anda serius menjalankan bisnis online dalam jangka panjang, pertimbangkanlah untuk mencari layanan web hosting berbayar yang menawarkan semua layanan yang Anda butuhkan.

Menentukan Nama Domain untuk Bisnis

Domain .ID atau .COM ?

Domain .com termasuk dalam kategori TLD (Top Level Domain) yang artinya domain tersebut merupakan domain paling terkenal atau domain tertinggi.

Domain tersebut bersifat Commercial atau komersial yang artinya bisa digunakan untuk keperluan apapun

lalu bagaimana dengan domain .ID ?

Saat ini domain .ID dimiliki oleh perusahaan PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia). Domain dengan akhiran ID seperti .id, .co.id, ac.id, sch.id, ponpes.id, or.id, dan domain ID lainnya, hanya digunakan khusus untuk warga negara Indonesia atau untuk Bisnis yang hanya ada di Indonesia saja.


Untuk mendapatkan domain .ID ini terdapat beberapa persyaratan atau surat dokumen yang nantinya akan diperiksa oleh PANDI, persyaratan tersebut adalah:

1. Untuk Personal/Perorangan
  • KTP Republik Indonesia
2. Untuk Perusahaan
  • KTP Republik Indonesia
  • SIUP/TDP/AKTA/ Surat Ijin yang setara untuk pendaftar berbentuk Badan Usaha/badan hukum (Surat izin yang setara adalah surat izin dari kemenkumham)
  • Sertifikat Merk apabila domain yang didaftarkan adalah sebuah nama merk.
3. Untuk Organisasi
  • KTP Republik Indonesia
  • Akta Notaris pendirian organisasi/yayasan
  • Sertifikat Merk apabila domain yang didaftarkan adalah sebuah nama merk.
Mana yang lebih UNGGUL? Domain .ID atau .DOM?

Pada pencarian lokal di Google, penggunaan dengan domain .id lebih di utamakan karena dapat disesuaikan dengan asal negara pengunjung tersebut. Domain tersebut dapat memberikan pengaruh ranking website atau blog dalam mesin pencari.

Mana yang lebih baik digunakan untuk keperluan bisnis?

Pada dasarnya kedua domain tersebut bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis. Tapi, jika Bisnis yang anda kelola hanya diperuntukan khusus di Indonesia, sebaiknya menggunakan domain .ID

Alasannya

1. Kualitas SEO yang Bagus.
Domain TLD Lokal seperti .ID, .CO.ID. WEB.ID, dan domain ID lainnya, lebih diunggulkan oleh mesin pencari Google.

2. Terpercaya
Untuk mendapatkan domain ID saja pendaftar wajib mengirim dokumen seperti surat pendirian perusahaan seperti SIUP/TDP/AKTA/Surat Izin yang setara yang nantinya akan diperiksa langsung oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia). sedangkan domain .COM bisa digunakan oleh siapapun tanpa syarat. namun, jika dibandingkan dengan harganya, domain ID lebih mahal dibanding .COM

Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis

Alamat website apa yang ingin Anda gunakan untuk keperluan bisnis?

Untuk memilih nama domain sebaiknya gunakan nama yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Gunakan kata yang singkat dan mudah di ingat. misalnya, sepatu.com. atau Anda juga bisa menyertakan merek atau identitas bisnis. misalnya, sepatuadidas.com

dengan menyertakan merek atau identitas bisnis, nama yang domain yang Anda gunakan menjadi lebih unik

Artikel Terkait: Cara Memulai Bisnis Online

Setelah Anda menemukan nama domain yang cocok. periksalah terlebih dahulu apakah nama domain tersebut tersedia dan bisa digunakan. juga jangan lupa untuk memeriksa terlebih dahulu apkah nama domain tersebut pernah digunakan sebelumnya atau belum pernah digunakan sama sekali.

Anda bisa cek kebersihan domain di https://web-beta.archive.org/

Pada dasarnya Anda bisa menggunakan semua jenis domain untuk keperluan bisnis. hanya saja setiap domain memiliki fungsi khusus sendiri. saat ini banyak layanan yang bisa kamu temukan di internet, mulai dari layanan domain dan hosting gratis sampai yang berbayar.

2 komentar

Domain ID ternyata jagonya yah hehehe hihi

Yap! benar sekali. kabarnya domain ID telah mengalahkan Malaysia dan Vietnam.

Setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika menggulirkan program Satu Juta Domain, posisi domain .id kembali naik. Dengan 1.199.045 domain .id yang teregistrasi langsung mengeser posisi domain MY milik Malaysia di posisi kedua dan VN milik Vietnam di posisi pertama.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon