Cara Memperbaiki CD/DVD Rusak Tergores

Cara Memperbaiki CD/DVD Rusak Tergores - Compact Disk atau disingkat CD, merupakan cakram optikal digital yang berfungsi untuk menyimpan data. walaupun CD bisa dibilang awet, terkadang sulit bagi kita untuk menjaganya dari kerusakan goresan, terutama jika CD sering untuk digunakan baik pada komputer atau pemutar kaset DVD. kerusakan goresan pada CD bisa menyebabkan hilangnya dokumen penting ketika dimuat dalam cakram. bagaimanapun juga goresn pada cakram CD masih bisa di perbaiki dengan menggunakan bahan abrasif atau dengan menggunakan pasta gigi agar CD bisa digunakan kembali.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan keruskan pada kaset CD, salah satu diantaranya yaitu karena sering digunakan hingga menyebabkan timbulnya goresan pada cakram CD. Pada kali ini saya akan memberikan sedikit tips tutorial mengenai cara memperbaiki kaset CD yang rusak akibat tergores dengan menggunakan pasta gigi.

Cara Memperbaiki CD dengan Pasta Gigi

1. Silahkan gunakan pasta gigi dengan jenis yang biasa. Sobat tidak perlu menggunakan pasta gigi dengan bahan gel spiral. sebaiknya gunakan pasta gigi biasa yang berwarna putih untuk memperbaiki CD. hampir semua pasta gigi mengandung banyak mineral abrasif yang dibuguhkan untuk membersihkan dan memperbaiki cakram cd. ditambah pasta gigi biasa memiliki harga yang lebih murah daripada pasta gigi jenis lainnya.


2. Oleskan pasta gigi pada permukan cakram. silahkan oleskan pasta gigi pada permukaan cakram CD secara merata dengan menggunakan jari Anda.

3. Menggosok permukaan CD. gosok permukaan cakram CD yang sudah dilapisi pasta gigi, dengan menggunakan kain lap yang halus.

Gunakan kain lap Microfiber agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

4. Bersihkan dan keringkan cakram CD. silahkan bilas menggunakan air hangat kemudian bilas hingga bersih. gunakan lap bersih dan halus untuk membersihkan cakram CD kemudian periksalah apakah sisa pasta gigi pada permukaan sudah hilang.

Cara Memperbaiki CD/DVD Rusak Tergores, Membersihkan CD dengan Pasta Gigi, Tips Memperbaiki CD Rusak

Cara Memperbiki CD dengan bahan Abrasif

1. Silahkan pilih bahan yang ingin Anda gunakan. terdapat beberapa produk rumah tangga yang bisa Anda gunakan untuk memoles cakram CD. biasanya prodik seperti Brasso dan 3M merupakan produk yang paling banyak digunakan dan paling ampuh.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan Brasso, pastikan Anda melakukan pemolesan pada tempat dengan ventilasi udara yang baik karena gas yang dihasilkan produk tidak boleh terhirup oleh Anda. Jangan lupa untuk membaca petunjuk keselamatan juga peringatan yang sudah tertara pada kemasan produk kimia manapun karena banyak sekali produk kimia yang dengan mudah terbakar dan menyebabkan iritasi kulit, mata, atau gangguan pernapasan.

2. Silahkan tuang produk pada lap. tuangkan sedikit Brasso pada kain lap yang halus, dan bersih. Anda juga bisa menggunakan kain bekas atau menggunakan tisu.

3. Menggosok cakram CD. silahkan oleskan produk pada permukaan CD yang terkena goresan kemudian gosok dengan hati-hati. pastikan Anda menggosok bagian permukaan CD yang terkena goresan.

4. Membersihkan permukaaan CD. silahkan bilas permukaan kaset CD dengan menggunakan air hangat kemudian keringkan dengan lap kering yang bersih. pastikan tidak ada bahan pembersih yang masih menempel pada permukaan kaset CD.

Kesimpulan

Untuk membersihkan CD yang rusak karena terdapat goresan, Anda bisa memperbaikinya dengan bahan rumahan seperti Pasta Gigi, atau menggunakan produk khusus untuk membersihkan CD. Anda bisa melakukannya pada kaset CD atau DVD manapun seperti, CD Film, Musik, Game, atau Data dan File komputer.

Agar tidak terjadi timbulnya goresan, simpan kaset CD pada tempat penyimpan khusus untuk CD. Anda bisa membelinya di toko komputer terdekat.

4 komentar

Saya baru tahu kalau pasta gigi ternyata bisa digunakan untuk menghapus goresan CD. Menarik..

Berarti bisa dong pake cara ini untuk memperbaiki CD lawas ane.... izin coba

saya sering make pasta gigi, itu ajaran pas masih kecil. kirain boongan eh ternyata beneran

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon