9 Cara dan Tips Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata - Makanan yang sehat juga pemeliharaan yang rutin adalah faktor paling penting dalam menjaga kondisi kesehatan mata. Mata merupakan organ penting tubuh anda. mata merupakan jendela dunia, jadi, marilah kita merawat kesehatan mata dengan baik. berikut ini merupakan sedikit penjelasan mengenai Tips dan Cara menjaga kondisi Kesehatan Mata. mulailah peduli untuk menjaga kesehatan mata sejak dini

1. Mengkonsumsi buah dan sayur

Sayur yang mengandung banyak betakarotin sangat bagus untuk kesehatan mata, karena sayuran yang mengandung betakarotin merupakan antioksidan yang mencegah degradasi makula. Worter merupakan sayuran yang paling banyak mengandung betakarotin

Cara Menjaga Kesehatan Mata - Mengkonsumsi buah dan sayur

Sayuran brokoli, kol, dan paprika juga bagus untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitarim C. mungkin Anda tidak menyukai dengan rasanya. tapi jika dimasak dengan bumbu dan resep yang tepat, rasanya bisa lezat.


Iklan sarden juga salmon merupakan pilihan yang sehat untuk mata Anda karena Omega 3 berfungsi untuk melindungi pembuluh darah mata.

Sayur bayam dan ubi jalar juga mengandung banyak vitamin C, Zeaxanthin, dan Lutein yang bagus untuk menjaga kesehatan mata.

2. Jangan gunakan lensa kontak lebih dari 12 jam

Banyak sekali kasus kerusakan mata oleh kebanyakan pasien rumah sakit mata karena kasus yang sama, yaitu lensa mata. selain merasa tidak nyaman, menggunakan lensa mata yang lama bisa menyebabkan kerusakan mata.

3. Hindari terlalu sering menggunakan obat tetes mata

Obat tetes mata untuk mengatasi mata merah memang ampuh. Tapi jika Anda menggunakannya sangat sering, Anda akan mengalami kerusakan mata.

Obat tetes mata memiliki fungsi untuk menyempitkan aliran dara ke kornea, sehingga mengurangi asupak oksigen. walaupun tidak gatal lagi, mata Anda sebenarnya mengalami kekurangan oksigen dari darah, dan ini tidak ideal.

4. Menggunakan mentimun di kelopak mata

Potong kemudian iris mentimun dingin kemudian letakan di kelopak mata Anda selama 10 menit sebelum tidur agar untuk mencegeh bengkak pada kelopak mata Anda.

Mentimun mengandung asam kafeat dan asam askorbat yang mencegah penyimpanan air pada mata. senyawa ini yang membuat mentimun digunakan untuk peradangan dan dermatitis di seluruh dunia.

5. Gunakan kacamata antiultraviolet

Kacamata dengan lensa terpolirasi, bukan kacamata hitam yang sekedar memiliki lensa yang gelap. Lensa yang gelap tidak akan melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet.

Kontak langsung dengan sinar ultraviolet terlalu lama bisa merusak pandangan Anda. dengan melakukan pencegahan sejak usia dini, Anda bisa mencegah kebutaan di usia tua nanti. kontak secara langsung dengan sinar ultraviolet juga sering dikaitkan dengan sakit mata katarak, degradasi makula, dan beberapa kerusakan mata lainnya.

6. Jangan terlalu lama menatap layar komputer

Sudah saatnya Anda untuk memberikan mata istirahat yang cukup. walaupun sampai saat ini belum ada bukti apakah menatap layar komputer tarlalu lama bisa merusak mata, tapi yang jelas menatap layar komputer terlalu lama bisa membuat mata anda lelah dan kering. Cahaya yang keluar dari layar komputer membuat otot mata menjadi cepat lelah, oleh sebab itu luangkan waktu untuk istirahat sejenak.

7. Gunakanlah kacamata andi debu jika diperlukan

Kacamata anti debu atau alat pelindung mata lainnya sering kita temukan pada pabrik yang melakukan kegiatan di tempat yang partikel udaranya tidak bersahabat seperti lamoratorium kimia, pabrik kayu, atau pekerja konstruksi.

8. Lakukan Olah Raga Mata, kemudian jangan luma untuk mengistirahatkannya

Sebenarnya olah raga mata ini memutuhkan alat. biasanya alat itu bisa kita temukan di rumah sakit mata. tapi sebenarnya anda bisa melakukannya dirumah. cara melakukan olahraga mata adalah: coba fokuskan mata anda pada objek yang dekat, kemudian dilanjutkan dengan objek yang jauh. Ulangi proses ini bberapa kali.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Mata Anda

9. Jangan membaca di ruangan dengan cahaya yang kurang

Meskipun tidak merusak mata, membaca di ruangan seperti ini bisa membuat mata Anda menjadi lelah. Jika mata Anda lelah ketika sedang membaca, berhenti sejenak dan istirahatkan mata Anda.

10. Jangan melihat cahaya yang terang secara langsung

jangan coba-coba fokuskan mata Anda pada matahari, karena itu bisa merusak mata Anda. terutama jika terjadi gerhana matahari. silahkan gunakan kacamata khusus untuk melihat matahari secara langsung

Tips Menjaga Kesehatan Mata


Hindari menggunakan obat tetes mata dengan asal. pastikan terlebih dahulu kandungan yang terdapat pada obat tetes mata Anda. walaupun membuat mata Anda terasa lebih baik, obat tetes mata sebenarnya belum tentu terbukti secara medis.

Periksalah mata Anda ke dokter mata tiap tahun. dokter bisa mendiagnosis masalah mata yang bisa diperbaiki dengan kacamat, lensa kontak, atau operasi. doket juga bisa memeriksa mata yang kering, masalah pada retina, juga bahkan kondisi tubuh lainnya seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Penting: Ada beberapa hal kerusakan mata yang jika tidak ditangani sejak dini, bisa menyebabkan kebutaan jika didiamkan begitu saja.

Cuci tangan Anda sebelum menyentuh lensa mata agar terhindar dari bakteri.

Makanlah makanan yang mengandung vitamin A secukupnya. terlalu banyak mengkonsumsi juga bisa membuat mata Anda merah.

Sayuran hijau seperti wortel, dan semacamnya bisa mendapat asupan vitamin A yang cukup untuk mencegah kebutaan pada mata.

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon