Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Mata Anda

Gejala Kerusakan Mata dan Cara Pencegahannya - Bagaimana Cara Mengetahui jika Kondisi Mata Memburuk? Menurunya daya penglihatan bisa terjadi disebabkan beberapa faktor seperti usia, penyakit, atau genetika. Menghilangnya daya lihat bisa ditangani dengan bantuan lensa korektif, obat mata, atau operasi. Jika Anda merasa mengalami masalah pada penglihatan Anda, penting untuk mencari bantuan medis dan konsultasikan dengan dokter ahli kesehatan mata.

Cara Mengetahui Gejala Gangguan Penglihatan


Cara Mengetahui Gejala Gangguan Penglihatan


1. Mata yang disipitkan ketika melihat jauh

Menyipitkan mata merupakan tindakan menekan mata bersamaan agar melihat objek lebih baik. seseorang yang bermasalah dengan penglihatannya sering kali memiliki bentuk bola mata, lensa, atau kornea yang berbeda. jika anda sering menyipitkan mata ketika melihat objek jauh, itu tandanya mata anda mulai mengalami gejala gangguan.

2. Sakit Kepala


Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh kelelahan mata. kelelahan mata disebabkan terlalu banyak tekanan yang diberikan pada mata. aktivitas yang dapat menyebabkan kelelahan mata diantaranya; mengemudi, menatap layar komputer atau smartphone dengan waktu yang lama, membaca, juga lainnya.

3. Penglihatan ganda

Seseorang yang mengalami penglihatan ganda, akan melihat dua citra dari satu objek. hal ini bisa terjadi pada satu mata atau kedua mata. Penglihatan ganda dapat disebabkan karena memiliki bentuk kornea yang tidak teratur, katarak, atau astigmatisme (mata silindris).

4. Halo Cahaya

Halo adalah lingkaran cahaya yang mengelilingi sumber cahaya, biasanya terdapat pada cahaya lampu yang besar. halo bisa terjadi pada lingkungan yang gelap, misalnya di malam hari atau dalam ruangan yang gelap. Halo bisa disebabkan karena mengalami rabun jauh, rabun dekat, katarak, astigmatisme, atau presbiopi (mata tua).

5. Silau

Silau adalah sumber cahaya yang memasuki mata. biasanya, silau terjadi pada siang hari. Silau dapat disebabkan oleh rabun jauh, rabun dekat, katarak, astigmatisme, atau presbiopi.

6. Penglihatan yang kabur

Penglihatan kabur adalah hilangnya ketajaman pada mata yang mempengaruhi kejelasan penglihatan. penglihatan yang kabur bisa terjadi pada satu mata atau keduanya. penglihatan jauh ini merupakan gejala rabun jauh.

Baca Juga: 9 Cara dan Tips Menjaga Kesehatan Mata

7. Buta di malam hari (night blindness)

Buta di malam hari atau rabun malam merupakan kesulitan melihat pada malam hari atau dalam ruangan yang gelap. biasanya kondisi ini memburuk ketika baru saja berada dalam ruangan dengan lingkungan yang terang. Rabun malam dapat disebabkan oleh katarak, rabun jauh, obat tertentu, kekurangan vitamin A, masalah pada retina, atau cacat lahir.

Cara Pencegahan Kerusakan Mata


Cara Pencegahan Kerusakan Mata

Pergi ke Dokter

Diagnosis hilangnya penglihatan dilakukan dengan cara melakukan serangkaian uji yang disebut pemeriksaan mata secara menyeluruh. Ada beberapa komponen untuk uji ini. yaitu;

Uji ketajaman visual dilakukan untuk menentukan ketajaman penglihatan Anda. Uji ketajaman ini dilakukan dengan cara berdiri di depan diagram mata dengan beberapa baris huruf dan angka. pada masing-masing baris memiliki ukuran huruf yang berbeda-beda. Biasanya huruf besar berada di atas, sedangkan huruf yang kecil berada di bawah. Pemeriksaan visual ini akan menguji penglihatan dekat Anda dengan cara menentukan baris terkecil yang dapat anda baca dengan nyaman tanpa mengalami ketegangan.

Menepis buta warna keturunan merupakan bagian dari salah satu pemeriksaan.

Melakukan uji tutup mta. uji ini akan menilai sebaik apa mata Anda bekerja sama. Doker mata akan meminta Anda fokus pada objek yang kecil dengan satu mata tertutup.

Periksa kesehatan mata. untuk menilai kesehatan mata, dokter akan melakukan uji sinar celah (slit light). Dagu Anda akan ditepatkan pada dudukan dagu yang terhubung ke sinar celah.Uji ini digunakan untuk memeriksa bagian depat mata (Kelopak mata, kornea, juga iris) dan didalam mata (retina dan saraf-saraf optik).

Uji Glukoma. Uji Glukoma merupakan peningkatan tekanan pada mata yang dapat menyebabkan kebutaan. pengujian ini dilakukan dengan cara meniupkan letupan udara kecil ke dalam mata dan mengukur tekanannya.

Tips Mencegah kerusakan Mata


Tips Mencegah kerusakan Mata

Jika merasa penglihatan Anda menurun, segera periksakan ke dokter untuk mencari bantuan medis. mencegah kerusakan mata Anda secara dini.

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin. Jika Anda berusia di bawah 50 tahun, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata setiap 2 atau 3 tahun. Jika Anda berusia diatas 50 tahun, disarankan untuk melakukannya setiap tahun.

Ketahui riwayat keluarga Anda. semakin dini Anda bisa mengidentifikasi gejala kehilangan penglihatan, maka akan semakin baik hasilnya.

Kesimpulan

Memeriksa kesehatan mata merupakan faktor utama untuk mencegah kerusakan mata secara dini. mata merupakan bagian tubuh yang pentung. mata merupakan jendela dunia. dengan mencegah kerusakan mata sejak dini, anda akan bisa menikmati manfaatnya di usia tua nanti.

Silahkan baca kumpulan artikel kesehatan mata di blog ini untuk menambah wawasan mengenai kesehatan mata. sekian mengenai Gejala Kerusakan Mata dan Cara Pencegahannya semoga bermanfaat untuk anda

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon