Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Behringer UM2 untuk AmpliTube 4

Jika kamu memiliki soundcard Behringer UM2 mungkin kamu harus coba AmpliTube 4 dari IK Multimedia. Aplikasi ini dapat menjadikan perangkat laptop atau komputer kamu sebagai efek gitar, amplifier, juga studio kecil di rumah. Kamu mungkin pernah melihat orang lain memainkan gitar yang langsung terhubung ke PC dan keluar melalui speaker, headphone, atau headset kan? Orang-orang tersebut biasanya menggunakan aplikasi ini atau mungkin aplikasi lainnya yang sejenis.

Apapun aplikasinya, mungkin ini bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus membantu kebutuhan jamming kamu mengingat efek gitar, amp, cab, dan sebagainya merupakan perangkat yang lumayan mahal.

Cara Menggunakan Behringer UM2 untuk AmpliTube 4 IK Multimedia, Cara Install Behringer UM2, Cara Install AmpliTube 4

Ada banyak cara untuk menggunakan AmpliTube 4. Kamu bisa menggunakan kabel jack gitar biasa kemudian hubungkan dengan converter dari ukuran 6,35mm ke 3,5mm menuju input mic di perangkat komputer. Tapi sayangnya cara ini kurang efektif karena akan menghasilkan kualitas suara yang jelek ditambah noise yang cukup besar dan berisik. Selain itu juga ada beberapa komputer atau laptop yang hanya memiliki satu input yang mana perangkat jenis ini tidak akan bisa kita gunakan.

Selain cara tersebut, ada juga yang menggunakan AmpliTube 4 dengan menggunakan bantuan USB Guitar Link. Alat ini bisa kamu temukan dengan mudah di toko online dengan harga yang cukup murah. Behringer juga mengeluarkan produk ini yang dinamakan Behringer Guitar Link Ucg-102 dan hasilnya lumayan baik walaupun masih sedikit terdengar noise. Untuk menggunakan alat ini, kamu tidak perlu menggunakan converter karena alat ini memiliki ukuran input yang sama dengan kabel jack gitar.

Cara terbaik untuk menggunakan aplikasi AmpliTube 4 adalah dengan menggunakan bantuan perangkat soundcard. Dengan menggunakan alat ini kamu bukan hanya mendapatkan kualitas sound yang bersih saja, tapi juga bisa kamu gunakan untuk kebutuhan home recording. Saya sendiri menggunakan soundcard Behringer UM2 karena harganya yang murah dan kualitasnya bagus juga sesuai dengan kebutuhan.

Untuk kamu yang juga menggunakan Behringer UM2 dan ingin menggunakan aplikasi efek gitar di komputer atau laptop, pada kali ini saya akan berbagi tips Cara Menggunakan Behringer UM2 untuk AmpliTube 4. Sebelum membahas ke tutorial, kamu harus download ASIO4ALL terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa ini bukan merupakan driver untuk Soundcard Behringer UM2, melainkan untuk aplikasi amplitube tersebut. Pertama-tama, silahkan download melalui link dibawah ini:
  • Download ASIO4All (451KB)

Cara Menggunakan Behringer UM2 untuk AmpliTube 4


Langkah ke 1: Install ASIO4All Driver

  • Pastikan soundcard Behringer UM2 belum terhubung pada perangkat komputer atau laptop yang sudah terinstall aplikasi AmpliTube 4.
  • Silahkan install ASIO4All Driver kemudian ikuti langkah-langkahnya.
  • Jika sudah selesai, silahkan restart perangkat komputer atau laptop. Hal ini dilakukan untuk memastikan driver tersebut muncul pada pengaturan AmpliTube 4.

Langkah ke 2: Hubungkan Behringer UM2 ke Perangkat Komputer atau Laptop

  • Silahkan hubung kabel USB dari Behringer UM2 ke komputer atau laptop. Driver Behringer UM2 akan terinstall secara otomatis pada perangkat kamu ditandai dengan menyalanya semua lampu led dalam beberapa detik.
  • Selanjutnya, hubungkan alat musik gitar menggunakan kabel jack ke input INST 2. Perlu diketahui, kamu juga bisa menghubungkan gitar ke input MIC/LINE 1, tapi untuk alat instrumen sebaiknya gunakan input INST 2.
  • Untuk memastikan sinyal dari gitar masuk ke soundcard, coba mainkan gitar kemudian lihat LED SIG jika menyala artinya suara gitar sudah berhasil masuk ke soundcard.

Behringer UM2 MIC LINE 1, INST 2, Headphone Input

Langkah ke 3: Setting Behringer UM2 ke AmpliTube 4

ASIO4All AmpliTube 4 Setting
  • Silahkan buka aplikasi AmpliTube 4.
  • Perhatikan taskbar di kanan bawah layar desktop. Silahkan klik 2x untuk membuka pengaturan driver ASIO4All AmpliTube.
  • Selanjutnya, aktifkan USB Audio CODEC dengan cara klik tombol seperti gambar dibawah ini. Jika statusnya sudah aktif, silahkan close.
ASIO4All AmpliTube 4 Setting USB Audio CODEC
  • Tahap terakhir, pada AmpliTube 4, silahkan buka Settings kemudian pilih Audio MIDI Setup. Selanjutnya, setting input dan output sesuai dengan keinginan kamu. Untuk pengaturan yang saya gunakan seperti pada gambar dibawah ini:
Audio MIDI Setup AmpliTube

Pada settingan tersebut, saya menggunakan input INST 2 sehingga pada settingan Input device, pada bagian Left channel dan Right channel, saya menggunakan USB Audio CODEC 2. Tapi jika saya menggunakan input MIC/LINE 1, maka saya akan menggunakan USB Audio CODEC 1.

Sementara pada bagian Output device, pada bagian Left channel dan Right channel, saya menggunakan HD Audio output 1 dan HD Audio output 2 karena saya ingin output suara gitar keluar melalui output sound dari komputer menuju headset atau speaker biasa. Namun jika saya ingin menggunakan output headphone melalui soundcard Behringer UM2, maka saya akan gunakan USB Audio CODEC 1 dan USB Audio CODEC 2.

Pada tahap ini seharusnya perangkat komputer atau laptop kamu sudah bisa menggunakan aplikasi AmpliTube 4 dengan bantuan soundcard Behringer UM2. Jika cara ini belum berhasil, mungkin ada beberapa langkah yang terlewatkan atau faktor lain misalnya soundcard kamu rusak dan sudah tidak lagi bekerja atau dari perangkat komputer kamu. Oh iya, selain itu, kamu juga bisa menggunakan soundcard lainnya dari Behringer seperti UMC202HD, UMC22, UMC204HD, UMC404HD, dan produk lainnya. Demikian pembahasan mengenai Cara Menggunakan Behringer UM2 untuk AmpliTube 4 semoga bermanfaat untuk Anda. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Behringer UM2 untuk AmpliTube 4"