Cara Merawat Kuda

Cara Merawat Kuda, Memelihara Kuda Merawat kuda memerlukan komitmen waktu yang serius. Perawatannya dapat memakan biaya dari mulai $300 sampai $500 per bulan (sekitar 3-5 juta rupiah). Akan tetapi, dengan perawatan yang baik, kuda dapat menjadi hewan peliharaan sekaligus teman yang baik dan menyenangkan. Ditambah lagi, kuda dapat hidup sampai 30 tahun, bahkan lebih. Oleh karena itu, pastikan Anda memberi tempat tinggal dan makanan, serta perawatan yang tepat untuk kuda peliharaan Anda.

Pastikan kuda Anda mendapatkan tempat tinggal yang layak - Kuda peliharaan Anda akan membutuhkan tempat untuk tinggal dan beristirahat sepanjang tahun. Tempat tersebut harus kering, aman, nyaman, mampu melindungi kuda dari hujan, angin, salju, panas, serta ancaman gigitan serangga.
  • Anda dapat menggunakan windbreak (area yang sekelilingnya dibatasi oleh pagar atau pepohonan tinggi sebagai penahan angin), gudang, atau area luas yang bersih di lumbung Anda sebagai tempat tinggal untuk kuda peliharaan Anda.
  • Anda juga dapat menitipkan kuda peliharaan Anda di kandang kuda umum. Untuk penitipan kuda, Anda mungkin dikenakan biaya sebesar $100 sampai $500 per bulan (sekitar 1-5 juta), tergantung pada jenis kandang yang Anda pilih (tenda padang rumput sederhana mungkin memiliki biaya yang lebih murah). Terkadang, Anda dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan di sekitar lumbung sebagai ganti untuk pemotongan biaya penitipan.
Sediakan alas tidur yang nyaman untuk kuda peliharaan Anda - Meskipun kuda dapat tidur sambil berdiri, mereka akan tidur dengan lebih nyenyak apabila mereka berbaring. Hal ini tentunya memerlukan alas tidur yang tepat. Alas tidur tersebut harus selalu dijaga kebersihannya agar tidak berbahaya untuk kuda peliharaan Anda.

  • Jerami dapat menjadi pilihan alas tidur yang murah untuk kuda peliharaan Anda. Meskipun hangat dan nyaman untuk dijadikan alas, namun jerami mengandung spora jamur yang dapat berbahaya bagi kesehatan kuda. Oleh karena itu, pastikan Anda terus memantau kesehatan kuda peliharaan Anda.
  • Serutan kayu (bebas debu) dapat menjadi pilihan yang baik, meskipun harganya lebih mahal daripada jerami. Selain bersih dan higienis, serutan kayu juga tidak akan dimakan oleh kuda, sehingga mencegah resiko kuda peliharaan Anda mengunyah sesuatu yang berbahaya bagi kesehatannya.
  • Sekarang ini, orang-orang banyak menggunakan serat hemp (tanaman sejenis ganja) sebagai alas tidur untuk kuda karena tidak memiliki spora jamur yang dapat membahayakan kuda.
Cara Merawat Kuda

Sediakan makanan yang tepat untuk kuda peliharaan Anda - Kuda yang berukuran sedang akan mengkonsumsi sekitar 9 kilogram makanan setiap harinya. Karena kuda memiliki lambung yang relatif kecil dan sistem pencernaan yang peka, kuda cenderung memakan rumput dan mengunyahnya sepanjang daripada hanya makan satu atau dua makanan tertentu saja.
  • Anda dapat memberikan makan kuda peliharaan Anda dengan setengah bal (jerami yang dibentuk menjadi balok-balok) jerami hijau. Setengah bal jerami kurang lebih setara dengan 2 persen berat badan kuda. Jerami tersebut dapat berupa rumput, alfalfa, atau bahkan percampuran antara rumput dan alfalfa.
  • Berikan biji gandum atau sweet feed (sejenis pakan kuda berupa campuran biji jagung dan sirup gula) dua kali sehari sebagai makanan tambahan untuk kuda peliharaan Anda. Akan lebih baik jika Anda memberi makanan tambahan ini pada waktu yang sama setiap harinya (semisal di pagi hari dan sore hari).
  • Jangan berikan jerami yang berwarna kuning, berbau, berdebu, dan berjamur pada kuda peliharaan Anda. Anda juga tidak boleh memberi makan kuda peliharaan Anda dengan sisa-sisa tanaman (seperti biji labu atau tongkol jagung). Bahan-bahan tersebut dapat mengakibatkan gangguan pencernaan dan pernafasan.
Berikan garam (balok mineral khusus untuk kuda) pada kuda peliharaan Anda untuk menjaga keseimbangan elektrolit pada tubuh kuda - Kuda membutuhkan mineral untuk menjaga agar jumlah elektrolit dalam tubuhnya tetap tinggi, dan mineral tersebut bisa didapatkan dari garam. Elektrolit berfungsi mengatur produksi dan pengeluaran keringat, air liur, cairan usus, air seni dan lendir hidung. Selain itu, elektrolit juga dapat mengatur fungsi sistem saraf dan hati, serta menjaga sistem hidrasi pada kuda.
  • Memberikan balok garam untuk kuda peliharaan Anda dapat menjadi cara yang baik untuk memberikan asupan mineral. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua kuda akan mau mengkonsumsinya, meskipun mereka sangat ingin mengkonsumsi garam. Jika kuda peliharaan Anda nampak tidak tertarik dengan balok garam yang Anda berikan, tambahkan beberapa sendok makan garam pada makanan untuk kuda Anda untuk memastikan bahwa kuda peliharaan Anda mendapatkan asupan mineral yang tepat.
Sediakan air yang bersih dan segar setiap harinya - Kuda membutuhkan sekitar 30 liter air setiap harinya. Isi ulang air pada tempat minum kuda Anda secara teratur atau pastikan tempat minum tersebut bersih agar air yang ada selalu segar dan bersih. Bersihkan tempat minum untuk kuda Anda paling sedikit satu kali seminggu agar tidak ada jamur atau lumut yang tumbuh.
  • Jika Anda menggunakan ember sebagai tempat minum untuk kuda Anda, pastikan Anda mengisi ulang airnya paling sedikit dua kali sehari.
  • Bak kayu dengan sambungan pipa dapat menjadi pilihan yang baik untuk tempat minum kuda Anda karena Anda dapat dengan mudah mengisi ulang airnya melalui pipa yang terpasang. Akan tetapi pada musim dingin, pipa tersebut dapat membeku sehingga pastikan Anda melakukan perawatan pada pipa tersebut dengan baik.
Rawatlah ladang rumput Anda dengan baik - Kuda membutuhkan area yang luas untuk berkeliling dan merumput sepanjang hari. Oleh karena itu, Anda perlu menanam sendiri rumput di area yang digunakan oleh kuda Anda untuk merumput. Sebagai alternatif, pastikan Anda mengetahui jenis rumput yang tumbuh atau ditanam di tempat penitipan kuda Anda.
  • Pastikan Anda menanam jenis rumput yang tepat untuk kuda peliharaan Anda. Pemilihan jenis rumput akan bergantung pada area tempat Anda tinggal, serta iklim dan musim di tempat tersebut. Jika Anda tidak yakin dengan jenis rumput yang harus Anda pilih, cobalah bertanya pada dokter hewan di kota Anda.
  • Perhatikan apakah terdapat lubang di ladang rumput Anda. Jika terdapat lubang di ladang Anda, tutup lubang tersebut agar kuda peliharaan Anda tidak terperosok dan terluka saat sedang berlarian. Pastikan juga kondisi pagar yang Anda gunakan. Jangan sampai ada lubang atau bukaan pada pagar tersebut karena kuda Anda dapat kabur melalui bukaan tersebut atau melukai dirinya sendiri karena terjebak di lubang pada pagar. Anda dapat menggunakan kawat sebagai pagar pembatas ladang rumput Anda, namun pastikan Anda tidak menggunakan kawat berduri karena dapat menyebakan luka serius pada kuda peliharaan Anda.
Sekian mengenai Cara Merawat Kuda semoga bermanfaat untuk anda
Source: http://id.wikihow.com/Merawat-Kuda

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon