Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode AMA

Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode AMA (American Medical Association) beserta dengan contohnya. Ketika kamu membuat sebuah laporan atau makalah penelitian baik itu tugas sekolah atau untuk skripsi di kampus, sudah pasti kamu akan mengutip materi dari makalah penelitian yang ada sebelumnya. Untuk mengutip makalah penelitian tentu ada aturannya yang harus kamu tulis dengan benar oleh karena itu kita perlu belajar cara mengutip makalah dengan benar apalagi untuk kebutuhan di kampus.

Ada 4 cara untuk mengutip makalah, yang pertama menggunakan format atau metode American Psychological Association (APA), Modern Language Association (MLA), Chicago, atau American Medical Association (AMA). Nah, pada pembahasan ini akan menjelaskan cara mengutip makalah penelitian dengan menggunakan metode AMA yang populer ini.

Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode AMA

Cara Mengutip Makalah Penelitian Metode AMA


Mulailah dengan menulis nama keluarga beserta inisial nama depan penulis. Kutipan dengan format AMA dimulai dengan nama penulis atau nama pembuat makalah tersebut. Jangan pernah gunakan tanda baca selain koma untuk memisahkan nama. Jika jumlah penulisnya lebih dari 6, tulis 3 nama pertama lalu lanjutkan dengan menambahkan singkatan misalnya "dkk".

Contoh: "Kringle K, Frost J."

Tahap selanjutnya, tuliskan judul dengan kapitalisasi kalimat. Pakai huruf besar untuk kata pertama dan nama yang tercantum di judul makalah. Tambahkan anak judul jika ada, setelah tanda baca titik dua lalu gunakan huruf besar untuk kata pertamanya.

Contoh: "Kringle K, Frost J. Red noses, warm hearts: The glowing phenomenon among North Pole reindeer."


Selanjutnya tambahkan informasi jurnal jika makalah telah diterbitkan. Makalah penelitian merupakan bagian dari jurnal akademik yang harus diperlakukan layaknya makalah lain. Tambahkan singkatan judul jurnal lalu cetak miring. Tambahkan tahun terbit, nomor pembuatan, juga nomor halaman setelah judul jurnal.

Contoh: "Kringle K, Frost J. Red noses, warm hearts: The glowing phenomenon among North Pole reindeer. Nat Med. 2012; 18(9): 1429-1433."

Tambahkan juga informasi mengenai sumber makalah jika belum diterbitkan. Jika makalah tersebut dipresentasikan di konferensi atau seminar, cantumkan informasi mengenal tempatnya. Jika terdapat di internet, tuliskan tautan makalah dan tanggal Anda mengakses halaman tersebut.

Contoh jika makalah yang dipresentasikan dalam satu konferensi, tulis: "Kringle K, Frost J. Red noses, warm hearts: The glowing phenomenon among North Pole reindeer. Dipresentasikan di KTT Asosiasi Kutub Utara; Desember 2017; Nome, Alaska."

Contoh jika mengutip makalah yang berasal dari internet, tulis: "Kringle K, Frost J. Red noses, warm hearts: The glowing phenomenon among North Pole reindeer. http://www.northpolemedical.com/raising_rudolf"

Baca juga: Cara Mengutip Makalah dengan Metode MLA

Tahap terakhir, gunakan angka superskrip di dalam tulisan. Untuk kutipan dalam teks, tuliskan angka superskrip setelah bagian yang dikutip. Daftar pustaka akan dibuat bersamaan dengan proses penulisan makalah, dan kutipan Anda akan diurutkan berdasarkan superskrip yang ada dalam teks.

Contoh: :"Menurut Kringle dan Frost, hidung merah menandakan subspesies rusa kutub dari Alaska dan Kanada yang bermigrasi ke Kutub Utara dan bersatu dengan rusa yang berasal dari Kutub Utara .1"

Itulah pembahasan mengenai Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode AMA semoga bermanfaat untuk Anda, jangan lupa kunjungi artikel lainnya mengenai pembuatan makalah beserta dengan tutorialnya.