Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode MLA

Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode MLA (Modern Language Association) lengkap beserta dengan contohnya. Mengutip sebuah makalah penelitian sudah menjadi hal yang biasa jika Anda membuat sebuah makalah penelitian baik untuk tugas sekolah atau untuk skripsi mahasiswa di kampus. Untuk mengutip sebuah makalah tentu ada aturannya yang tidak boleh kamu langgar karena akan membuat makalah yang Anda buat menjadi tidak sempurna.

Perlu Anda tahu, ada 4 cara untuk mengutip makalah, yang pertama menggunakan format atau metode American Psychological Association (APA), Modern Language Association (MLA), Chicago, atau American Medical Association (AMA). Nah, pada pembahasan ini akan menjelaskan cara mengutip makalah penelitian dengan menggunakan metode MLA atau juga disebut Modern Language Association dalam bahasa Inggris.

Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode MLA

Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode MLA


Untuk mengutip makalah penelitian dengan menggunakan metode MLA, pertama-tama kita mulai dengan menuliskan nama penulis. Balik nama penulis sehingga nama belakangnya ditulis di awal kemudian diikuti dengan nama depannya. Nama depan tidak disingkat. Jika penulis lebih dari satu, gunakan koma untuk memisahkan namanya.

Contoh: "Kringle, Kris, dan Frost, Jack."


Selanjutnya tulis judul makalah. Dalam penulisan kutipan makalah penelitian dengan format MLA, judul dan anak judul ditulis di antara tanda kutip. GUnakan huruf besar untuk huruf pertama sebagian besar kata, Tapi, artikel pendek dan konjungsi tidak menggunakan huruf besar, kecuali terdapat di awal judul atau anak judul.

Contoh:  "Kringle, Kris, dan Frost, Jack. "Red Noses, Warm Hearts: The Glowing Phenomenon Among North Pole Reindeer.""

Selanjutnya identifikasi lokasi tempat makalah penelitian. Format MLA menggunakan konsep "wadah". Makalah yang Anda adalah bagian dari sesuatu, yang bisa jadi merupakan bagian dari sesuatu juga. Dalam kutipan Anda, tulis elemen terkecil terlebih dahulu kemudian lanjutkan hingga ke yang besar.

Contoh: Anda menemukan makalah yang merupakan bagian dari arsip universitas. Kutipan makalah tersebut akan berbentuk seperti ini: "Kringle, Kris, dan Frost, Jack. "Red Noses, Warm Hearts: The Glowing Phenomenon Among North Pole Reindeer." Disertasi 2000-2010. Arsip Perpustakaan Universitas Alaska. Diakses 24 Desember 2017."

Langkah terakhir, gunakan kutipan dalam kurung untuk membuat kutipan dalam teks. Setelah mencantumkan pernyataan yang berasal dari sumber lain di dalam teks makalah, tulis nama penulis juga nomor halaman di dalam kurung.

Contoh: "(Kringle & Frost, hal. 33)."

Baca Juga: Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode AMA

Bagaimana? Mudah bukan untuk mengutip makalah dengan berbagai metode yang unik dan benar. Itulah pembahasan Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode MLA yang bisa Anda coba untuk menerapkannya di laporan makalah yang dibuat. Semoga bermanfaat.