Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Situs Panduan Blog untuk Pemula

Rekomendasi Situs Panduan Blog untuk Pemula

Rekomendasi Situs Panduan Blog untuk Pemula - Seperti yang kita ketahui saat ini aktivitas blogging memang merupakan hal yang menyenangkan. Mulai dari membuat post, mendesain tampilan, mempromosikan situs blog untuk mengenalkan kepada orang-orang, hingga digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari internet, bahkan saat ini sudah banyak yang menggunakan blog untuk keperluan bisnis online.

Untuk membuat blog memang terdengar sangat mudah. Tapi untuk menjadi blogger yang sukses memang merupakan hal yang benar benar sulit. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan situs blog kamu. Misalnya, untuk menambah jumlah pengunjung setiap harinya saja kita harus rajin membuat konten blog baru dengan menargetkan kata kunci tertentu yang banyak dicari oleh pengguna internet.

Nah, pada kali ini saya telah daftar rekomendasi situs panduan blog untuk pemula yang bisa kamu kunjungi satu per satu dibawah ini.

Panduanblog.id

Panduan Blog merupakan situs blog yang membahas topik mengenai tutorial blogger dan panduan blogging untuk pemula. Di situs ini banyak sekali pembahasan bermanfaat mulai dari cara membuat blog sampai cara mendapatkan uang dari blog.

Selain itu, di situs ini juga banyak membahas mengenai google adsense, SEO, ulasan penyedia domain dan hosting, desain blog tips blogger, dan masih banyak lagi. Untuk kamu yang ingin menjadikan blog kamu berkembang dengan baik, maka situs ini saya rekomendasikan untuk kamu. Jangan sia-siakan kesempatan ini.


Arlina Design

Selanjutnya ada blog Arlina Design. Situs ini merupakan tempatnya berbagi template dan tutorial blogger, SEO, CSS, HTML, JavaScript, dan web tools. Jika kamu senang mendesain blog, maka saya rekomendasikan situs ini untuk kamu. Selain itu, di situs Arlina Design juga merupakan salah satu desainer template blogger yang sudah banyak dikenal oleh blogger di Indonesia.

Kompiajaib

Situs rekomendasi panduan blog selanjutnya adalah Kompi Ajaib. Situs ini banyak sekali membahas tutorial blogger yang bermanfaat. Kompi Ajaib juga menyediakan template blogger yang SEO Friendly. Bahkan saat ini sudah banyak blogger populer yang menggunakan template dari Kompi Ajaib.

Oh iya, Kompi Ajaib juga memberikan kesempatan untuk para pengguna template-nya untuk mengirimkan artikel untuk selanjutnya di-publish ke situs Kompi Ajaib. Cocok buat kamu yang ingin mendapatkan backlink berkualitas dari situs percaya.

Namina

Rekomendasi selanjutnya adalah situs blog Namina. Situs dengan nama domain yang unik ini merupakan blog yang membahas mengenai tutorial blogger, adsense, snippet, template, dan tips blogger. Selain menyediakan template gratis, situs ini juga beberapa kali membagikan template redesign dari Arlina Design.

Strukturkode

Selanjutnya ada situs blog Strukturkode. Situs ini saya rekomendasikan untuk kamu yang ingin belajar SEO. Strukturkode membahas topik seperti blogging, SEO, bisnis online, internet, hingga media sosial.

Caramanual

Selanjutnya ada juga situs blog Cara Manual. Situs ini juga bisa menjadi referensi kamu untuk belajar mengembangkan blog. Situs ini akan memberikan tutorial blogging pada platform Blogger dan juga Wordpress. Jadi buat kamu yang ingin belajar menggunakan kedua platform tersebut, maka saya rekomendasikan situs ini.

PanduanIM

Nah, rekomendasi situs panduan blog selanjutnya adalah PanduanIM. Di situs ini kamu akan menemukan banyak artikel panduan blogging yang lengkap. Buat kamu yang ingin memulai membuat blog, maka saya juga merekomendasikan situs ini untuk kamu.

Blogooblok

Selanjutnya ada situs Blogooblok. Situs ini juga sering membahas mengenai tutorial blogger dan sosial media. Di situs ini juga membahas topik blogging untuk platform Blogger, Wordpress, Medium, dan lainnya. Buat kamu yang ingin mencoba menggunakan platform blogging lainnya, maka situs ini bisa menjadi referensi kamu untuk ngeblog.

Itulah mengenai situs-situs yang membahas topik mengenai tutorial blogger yang bisa kamu temukan di internet. Mudah kan? Yup! memang sangat mudah. Untuk langkah selanjutnya, kamu harus berusaha bekerja lebih giat lagi untuk mengembangkan situs blog.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, membuat blog adalah hal yang sangat mudah, namun untuk mengembangkannya tidak mudah. Situs-situs diatas yang saya tulis bisa kamu jadikan referensi untuk pembelajaran.

Bahkan masih banyak lagi situs panduan blogging yang bisa kamu temukan dengan mudah. Nah jadi bagaimana? masih mengeluh tidak bisa membuat blog? Ini waktunya untuk melangkah lebih baik.

Demikian pembahasan mengenai situs panduan blog rekomendasi untuk pemula, semoga bermanfaat untuk kamu, apabila ada hal yang ingin ditambahkan, silahkan komentar di kolom komentar dibawah ini, terima kasih dan semoga beruntung.

2 komentar untuk "Rekomendasi Situs Panduan Blog untuk Pemula"

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.