Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode APA

Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode APA (American Psychological Association) lengkap beserta dengan contohnya. Ketika Anda sedang membuat makalah penelitian baik untuk keperluan tugas sekolah atau skripsi kampus maka biasanya ada isi materi yang dijadikan sebagai referensi. Dalam hal tersebut maka kita perlu menulis kutipan penelitian dengan cara yang benar.

Perlu Anda ketahui, dalam mengutip sebuah makalah penelitian, ada 4 metode yang bisa digunakan. Yang pertama menggunakan format atau metode American Psychological Association (APA), Modern Language Association (MLA), Chicago, dan terakhir yakni American Medical Association (AMA). Pada kali ini saya akan mengajarkan kepada Anda bagaimana cara mengutip makalah penelitian dengan metode APA.

Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode APA

Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode APA


Untuk mengutip makalah penelitian dengan menggunakan metode atau format APA maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memulai dengan menuliskan nama keluarga dan inisial nama depan penulis. Dalam format APA, nama penulis dibalik sehingga nama keluarganya ditulis di awal. Tempatkan juga koma setelah nama keluarga dengan inisial nama depan. Jika jumlah penulisnya lebih dari satu, pisahkan dengan koma dan tambahkan simbol ampersand (&) sebelum nama keluarga penulis si kedua.

Contoh: "Kringle, K., & Frost, J."

Selanjutnya tambahkan tahun terbit makalah. Jika makalah yang akan Anda kutip merupakan bagian dari jurnal akademik, maka tambahkan tahun terbit di dalam kurung setelah nama penulis. Jika makalah tersebut belum diterbitkan, tulis tahun makalah tersebut dibuat.

Contoh: "Kringle, K., & Frost, J. (2012)."


Tahap selanjutnya, tuliskan judul makalah. Gunakan kapitalisasi kalimat ketika menulis judul lengkap dari makalah penelitian. Gunakan huruf kapital atau besar untuk kata pertama dan nama. Jika terdapat anak judul, tempatkan tanda baca titik dua lalu gunakan huruf besar untuk kata pertamanya.

Contoh: "Kringle, K., & Frost, J. (2012). Red noses, warm hearts: The glowing phenomenon among North Pole reindeer."

Jika makalah penelitian tersebut merupakan bagian dari data basis yang dikelola oleh universitas, perusahaan, atau organisasi lain, tuliskan nomor indeks di dalam kurung setelah judul. Contoh: "Kringle, K., & Frost, J. (2012). Red noses, warm hearts: The glowing phenomenon among North Pole reindeer. (Laporan No. 1234)."

Selanjutnya, tambahkan informasi sumber Anda mendapatkan makalah yang dikutip. Jika makalah tersebut merupakan bagian dari jurnal akademik atau majalah, gunakan format yang sama seperti saat mengutip artikel pada umumnya. Untuk artikel yang belum diterbitkan, cantumkan sebanyak mungkin informasi yang dapat membantu para pembaca menemukannya.

Contoh: "Kringle, K., & Frost, J. (2012). Red noses, warm hearts: The glowing phenomenon among North Pole reindeer. (Laporan No. 1234). Dipetik dari Arsip Perpustakaan Universitas Alaska, 24 Desember 2017."

Langkah terakhir, cantumkan kutipan dalam kurung di isi makalah tersebut. Ketika menulis pernyataan berdasarkan makalah penelitian lain, cantumkan nama keluarga penulis dan tahun terbitnya di dalam kurung.

Contoh: "(Kringle & Frost, 2012)."

Baca Juga:



Bagaimana? Mudah bukan? Demikian pembahasan mengenai Cara Mengutip Makalah Penelitian dengan Metode APA semoga bermanfaat untuk Anda, jangan lupa kunjungi artikel lainnya mengenai makalah penelitian.